Arqam: MK Bisa Terima Gugatan Dinasti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Arqam: MK Bisa Terima Gugatan Dinasti

FAJARONLINE, MAKASSAR – Jelang penetapan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan pasal dinasti pada UU No 8/2015, menjadi pembicaraan hangat kalangan pengamat politik. Tema itu menjadi bahasan diskusi Opini Politik Indonesi (IPI) via rilis, Rabu 6 Mei, terutama pada urgensi pelarangan dinasti politik. Benarkah dinasti politik mengebiri demokrasi? Praktik demokrasi di tanah air disebut bukan dinasti politik sesungguhnya yang secara langsung menunjuk keluarga sebagai pelanjut kekuasaan.

Pengamat Politik Unismuh, Arqam Azikin mengatakan bila wacana itu sebenarnya sudah tidak layak disoal. Sebab bagi kandidat yang akan bertarung, fokusnya mesti pada strategi memenangkan pertarungan di lapangan. “Bukan karena ada dinasti atau tidak. Karenanya, orang yang kembangkan wacana ini disebut mengalami trauma dan tidak siap bertarung,” beber Arqam.

Apalagi praktik pelarangan tersebut, dianggap bertentangan dengan pasal 27 UUD 1945b terkait persamaan hak warga di mata hukum. Karenanya, Arqam meyakini bila gugatan sejumlah pemohon yang hak politiknya dikebiri dengan pelarangan dinasti politik, akan diterima MK.

Khusus di Sulsel dan daerah lain di tanah air, disebut praktik seperti itu nyaris tidak terjadi. Atau tidak mencapai empat persen dari seluruh jabatan kepala daerah saat ini. “Di Sulsel yang berkaitan dengan gubernur hanya Gowa, Ichsan YL. Hanya satu dari 24 kabupaten kota. Apakah bisa dikatakan politik dinasti,” bebernya. (nur)

loading...
Click to comment
To Top