Fadli Zon Setuju Revisi UU Parpol – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Fadli Zon Setuju Revisi UU Parpol

JAKARTA-Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, memastikan seluruh fraksi RI menyetujui revisi Undang-Undang Pilkada dan Undang-Undang Partai Politik.

Revisi ini untuk membuat payung hukum terkait keikutsertaan parpol yang tengah berkonflik dalam pemilihan kepala daerah 2015 ini.

“Kemarin waktu kita rapat konsultasi tidak ada yang keberatan, mereka tidak ada masalah, dan ini revisi terbatas. Baru kejadian pertama kali setelah era reformasi. Ini adalah akibat dari kebijakan Kumham, ya terjadi seperti ini,” ujar Fadli di gedung DPR RI Senayan, Jakarta, (Rabu, 6/5).

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini menambahkan bahwa DPR melalui Komisi II hanya akan melakukan revisi jika memang  diperlukan.

“Masak ada parpol nggak akan ikut Pemilu? Makanya nanti kita mau mencari solusi, kalau tidak perlu ya tidak usah. Tapi kalau terpaksa harus direvisi,” sambung legislator asal Bogor ini.

Meski revisi atas kedua UU ini tak ada dalam Prolegnas, namun Fadli menekankan perlunya revisi sebagai jalan untuk menyelesaikan masalah.

“Ini merupakan kebutuhan. Kita mencari solusi terhadap masalah. Kan kemarin fraksi hadir dalam rapat konsultasi dan akhirnya setuju mencari jalan solusi yaitu revisi terbatas pada Undang-Undang,” tandasnya.

Seperti diketahui, menjelang Pilkada serentak 2015, KPU telah menyusun 10 peraturan KPU yang akan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan Pilkada tersebut. Namun PKPU ini menuai polemik ketika peraturan tentang pencalonan mengatur bahwa kepengurusan Parpol yang diperbolehkan mengikuti Pilkada adalah yang telah inkracht atau islah.

Kalau kedua hal ini tidak tercapai pada saat pendaftaran calon, yaitu pada 26-28 Juli, parpol tersebut terancam tak bisa mengikuti Pilkada. [zul]

loading...
Click to comment
To Top