Ramadan, Visa Umrah Naik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ramadan, Visa Umrah Naik

MAKASSAR, FAJARONLINE — Harga visa untuk ibadah umrah mulai merangkak naik. Utamanya jelang bulan Ramadan, dimana puncak membludaknya jamaah umrah selalu terjadi.

Wakil Ketua Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Indonesia (Kesthuri) Sulawesi Selatan (Sulsel) Azhar Gazali menjelaskan, visa umrah pada hari-hari biasa bisa didapatkan mulai harga $ 75. “Saat ini sudah melambung hingga $ 300,” jelas Azhar.

Selain visa, yang juga yang patut diwaspadai naik adalah harga sewa hotel. Jelang Ramadan sewa hotel dipastikan naik meskipun saat ini harga masih relatif normal. Sementara, barang-barang kebutuhan lain juga dipastikan bakal ikut melambung.

Akumulasinya, biaya yang mesti dikeluarkan travel selama umrah ikut membengkak. Namun hal tersebut tidak terlalu berpengaruh pada travel yang memesan visa, hotel, dan kebutuhan lain jauh hari sebelum pemberangkatan. “Intinya travel mesti cerdas-cerdas mengelola keuangan ditengah ketidakpastian ekonomi,” ujarnya.

11 travel dibawah bendera Kesthuri telah memberangkatkan total 2000 jamaah tahun ini. Pemberangkatan terakhir 28-29 April lalu berjumlah 860 jamaah. Mereka saat ini berada di empat hotel di Madinah. KEsthuri juga siapkan puluhan mutawwis, termasuk Usman Jasad dan Amirullah Amri.

Khusus pemberangkatan jelang Ramadan, tanggal 18 Juni mendatang, Kesthuri telah mem-booking pesawat flynas. “Soalnya jamaah sudah mendaftar jauh hari. Bahkan ada yang sejak Ramadan tahun lalu memesan seat. Tambahannya mungkin tinggal 30 persen,” beber Azhar. (ris)

loading...
Click to comment
To Top