Reshuffle Kabinet, Ini Menteri yang Patut Diganti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Reshuffle Kabinet, Ini Menteri yang Patut Diganti

JAKARTA – Sampai detik ini belum ada bocoran terkait kepastian reshuffle kabinet kerja Joko Widodo – Jusuf Kalla. Namun, sudah banyak pihak yang memberikan masukan dan saran terkait siapa-siapa saja menteri yang patut diganti oleh Presiden Jokowi.

Mengenai reshuffle tersebut, Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Hermanto mendorong agar Jokowi mempertimbangkan untuk me-reshuffle para menteri di bidang perekonomian yang membuat anjlok perekonomian nasional.

Menurut Agus, perombakan kabinet memang merupakan kewenangan prerogatif Presiden Jokowi. Akan tetapi, perlu diketahui selama dalam 6 bulan pemerintahan berjalan, Jokowi seharusnya sudah bisa menilai kinerja para pembantunya di kabinet.

Nah, Agus pun punya masukan bagi Jokowi terhadap siapa saja menteri yang patut untuk di reshuffle. Para menteri yang menjadi sorotan ipar Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini terutama yang berkaitan dengan bidang ekonomi, seperti Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Susi Pudjiastuti Untuk Menteri Susi, Agus menilainya tidak mampu mengangkat sektor perikanan dan kesejahteraan nelayan. “Banyak nelayan yang tidak bisa melaut, di balik itu Menteri (Susi) suka menarik kapal lalu ngebom cari popularitas. Ini malah merusak laut, terumbu karang rusak, dapatnya hanya (pujian) hebat hebat hebat,” kata Agus di gedung DPR Jakarta, Rabu (6/5).

Sedangkan Rini Soemarno dianggap tidak bisa meningkatkan kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah. Begitu juga Sofyan Djalil, yang membuat perekonomian nasional anjlok. Sofyan Djalil

“6 bulan sudah cukup untuk lakukan reshuffle kabinet. Seharusnya perekonomian kita tidak anjlok seperti ini. Kementerian yang bergerak di bidang ekonomi tidak punya kapabilitas,” tegasnya. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top