Serapan APBD Tak Capai Target – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Serapan APBD Tak Capai Target

MAKASSAR, FAJARONLINE — Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) Sulsel pada triwulan pertama, gagal memenuhi target.

PERIODE Januari hingga Maret realisasi fisik hanya 14,28 persen fisik. Sedangkan realisasi keuangan cuma 11,06 persen. Angka tersebut masih jauh dari target 25 persen untuk masing-masing triwulan.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, dari total Rp4,1 triliun anggaran belanja tidak langsung, yang terealisasi baru Rp590,4 miliar. Sedangkan belanja langsung hanya terealisasi Rp91,7 miliar dari total Rp2 triliun.

Dari sekian banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sulsel dan Biro Bina Perekonomian Sulsel paling rendah realisasinya. Ini menjadi bukti jika kinerja mereka belum maksimal.

Kinerja PSDA selama triwulan pertama baru 3,56 persen untuk fisik dan 3,33 persen keuangan dari total anggaran Rp166,6 miliar. Sementara Biro Bina Perekonomian yang memiliki total anggaran Rp5 miliar hanya terealisasi 3,99 persen fisik dan keuangan 3,99 persen. (iad/zul)

Untuk Selengkapnya, Baca Harian Fajar dan Epaper edisi 6 Mei 2015

loading...
Click to comment
To Top