Ganjar Bilang, Rotasi Jabatan Tanpa Suap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ganjar Bilang, Rotasi Jabatan Tanpa Suap

SEMARANG, RAJA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjamin, promosi dan mutasi pegawai di Pemprov Jateng bebas dari perkara uang. Ia mengaku ikut mengawasi prosesnya secara langsung dan menindak jika ada penyelewengan.

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai melantik 525 pegawai negeri sipil eselon IV di lingkungan Pemprov Jateng kemarin.

Gubernur menegaskan bahwa rotasi jabatan di lingkungan pemerintah provinsi setempat berjalan tanpa praktik suap dalam bentuk apapun.

“Tidak ada perputaran jabatan di pemprov yang pakai uang, kalau ada yang ‘nyogok’ maupun disogok akan saya pecat,” katanya.

Ganjar mengaku banyak menerima laporan dari masyarakat melalui layanan pesan singkat telepon seluler terkait dengan dugaan praktik suap pada promosi lelang jabatan yang diterapkan di lingkungan Pemprov Jateng. “Ada tiga orang yang ‘SMS’ saya, mereka tidak puas dengan promosi eselon IV ini dan menuding ada yang menyuap,” ujarnya.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai identitas siapa saja yang melakukan praktik suap, kata dia, pelapor tidak berani menyebutkan secara detail.

“Jika memberi laporan, identitasnya dan datanya harus jelas. Kalau tidak, dianggap laporan tidak bertanggungjawab. Siapa yang memberi dan menerima suap, besok saya pecat,” tegasnya.

Sebagai seorang gubernur, Ganjar mengatakan bahwa dirinya bukan sosok yang antikritik, bahkan seluruh jajaran Pemprov Jateng dipersilakan untuk mengoreksi kinerja dengan mengkritik langsung. “Saya siap dikoreksi dan dikritik, tapi selama ini belum ada pegawai pemprov yang berani memaki-maki Gubernurnya, sehingga saya persilakan itu,” katanya.

Sebelumnya, Ganjar telah memberhentikan dengan tidak hormat terhadap empat pegawai yang bekerja di kantor Sistem Informasi Manunggal Satu Atap di beberapa daerah di provinsi setempat karena terbukti melakukan pungutan liar.

Pemecatan pegawai Samsat tersebut berawal dari laporan masyarakat melalui sosial media yang kemudian ditindaklanjuti.

Untuk menampung berbagai aspirasi dan laporan masyarakat, Ganjar sudah membuka saluran seperti melalui situs resmi Pemprov Jawa Tengah yaitu www.jatengprov.go.id, pengaduan SMS Center melalui nomor 08112920200, serta akun twitter @ganjarpranowo. (dbs)

loading...
Click to comment
To Top