Hujan, Tanamam Lombok Terserang Pathek – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Hujan, Tanamam Lombok Terserang Pathek

TEMANGGUNG, RAJA – Hujan yang terus mengguyur wilayah  Kabupaten Temanggung dalam satu bulan terakhir ini mengakibatkan  para petani lombok di Kabupaten Temanggung merugi. Ribuan tanaman lombok terserang penyakit pathek yang mengakibtkan buah membusuk. Kondisi ini membuat hasil panen tidak maksimal.

Salah satu daerah yang paling parah terkena penyakit pathek adalah Kecamatan Tlogomulyo. Ribuan tanaman cabe di kecamatan ini saat ini dibiarkan begitu saja karena lomboknya membusuk akibat penyakit pathek.

Salah satu petani lombok yang ditemui Rabu siang, Sarjoko (45), mengaku harus menanggung kerugian hingga jutaan rupiah. Pasalnya, gagal panen, lombok yang seharusnya bisa dipanen saat ini kondisinya busuk. “Ya saya biarkan saja karena sudah tidak mungkin dipanen, busuk, sampai 80 persen yang busuk. Paling nanti kita cabuti agar tidak menular ke tanaman lombok lainnya,” katanya.

Padahal untuk biaya tanam cabe untuk lahan 1200 meter persegi Sardjoko tidak kurang mengeluarkan uang lebih dari satu juta rupiah, itu pun hanya untuk beli benih. Namun kini modal tersebut tidak mungkin kembali karena lomboknya tidak bisa dipanen.

Nasib sedikit berbeda dialami petani lombok Desa Losari, Kecamatan Tlogomulyo, walaupun tidak terkena patek namun hasil panen kurang maksimal. Seperti yang diungkapkan salah satu petani Slamet (48), bahwa karena hujan deras lomboknya tidak bisa membesar.

Biasanya untuk 1000 meter persegi Slamet bisa memanen lombok 2,5 kuintal, namun saat ini kurang dari 2 kuintal.

“Buahnya mengecil jadi panennya tidak bisa banyak, biasa bisa sampai 2,5 kuintal sekarang hanya 2 kuintal itu saja kurang,“ katanya.

Kerugian para petani ini diperparah dengan jatuhnya harga jual cabe. Harga jual cabai jenis sret saat ini Rp 10.000 per kilo, harga tersebut naik dibandingkan dua pekan lalu yang hanya Rp9.000 sampai Rp9.500 per kilo. Sedangkan jenis cabai merah keriting Rp8.000 per kilo. Berbeda saat harga cabai mencapai Rp40.000 petani bisa mendapatkan keuntungan lebih. (din)

loading...
Click to comment
To Top