Juru Periksa Terowongan di Uji – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Juru Periksa Terowongan di Uji

SEMARANG, RAJA – Tidak saja melakukan sertifikasi terhadap petugas Juru Periksa Jalanan (JPJ), petugas yang bertanggungjawab melakukan pemeriksaan jalur terowongan atau Juru Periksa Terowongan (JPTW), juga diuji ulang.

Pelaksanaan sertifikasi terhadap 58 petugas dari delapan daerah operasional (Daop) yang digelar di Ruang Serbaguna Pandanaran Kantor Daop 4 Semarang, dibuka Kepala Seksi Sertifikasi SDM Perkeretaapian Kemenhub, Welly Locamo.

Dalam rilisnya, Rabu (6/5) diungkapkan peserta sebanyak 58 pegawai yang mengikuti sertifikasi berasal dari Daop 3 Cirebon, 4 Semarang, 8 Surabaya, dan 9 Jember. “Kegiatan ini dapat membentuk JPJ dan JPTW yang memiliki keberanian, ketabahan, dan kedisiplinan yang tinggi dalam menentukan keamanan perjalanan kereta api,” ungkapnya.

Dimana, keberanian di perlukan mengingat PJP dan JPTW saat menjalankan tugasnya berada sendirian di jalur rel yang kanan kirinya merupakan sawah dan hutan dimana kondisinya gelar dan minim menemui orang.

Sementara itu, Devuty EVP Daop 4 semarang, Ruwanta berharap proses serifikasi lebih menciptakan pegawai pelaksanakan dilingkungan PT KAI yang lebih profesional dalam menjalankan tugas. “Dengan begitu, keamananan dan kelancaran perjalanan kereta api bisa lebih terjamin lagi. Ujian sertifikasi meliputi tes tertulis, tes kesehatan, tes wawancara, dan ujian praktek,” ungkapnya.

Selain ujian, peserta juga diberi pembekalan dari Perwakilan Kementerian Perhubungan H. Dimana, pembekalan membahas seputar perincian pelaksanaan pekerjaan JPTW dan JPJ. “Sertifikasi, merupakan implementasi pelaksanaan UU No : 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian, yang mengamanahkan agar petugas perkeretaapian dilengkapi sertifikasi profesi khusus,” imbuhnya. (Ibr)

To Top