Kejaksaan Telusuri Rekam Jejak Kandidat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Kejaksaan Telusuri Rekam Jejak Kandidat

SEMARANG, RAJA – Saat ini, syarat pencalonan kepala daerah akan semakin ketat. Bahkan, bagi yang punya rekam jejak “hitam” dan tersangkut masalah hukum, siap-siap untuk gagal.

Hal ini karena Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah akan menelusuri rekam jejak para kandidat. Kejati siap menelusuri dan memberikan data tentang rekam jejak para kandidat yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah yang rencananya digelar serentak pada 9 Desember 2015.

“Kami akan sampaikan keterangan, apakah ada permasalahan hukum atau tidak terhadap calon yang dimaksud,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Hartadi, kemarin (06/05).

Ia mencontohkan calon anggota DPR terpilih yang batal dilantik karena terjerat kasus korupsi. Oleh karena itu, lanjut dia, para calon yang diusung akan diteliti lebih lanjut latar belakangnya.

Ia mengharapkan beberapa kejadian seperti saat pemilihan wakil rakyat yang batal dilantik tersebut terjadi lagi. “Jangan sampai ada bupati/walikota yang batal dilantik karena tersangkut masalah hukum,” katanya.

Ia menuturkan rekam jejak yang disampaikan tersebut hanya berupa rekomendasi. Berkaitan dengan proses pencalonannya, kejaksaan akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum dalam tahapan pelaksanaan pilkada ini.(dbs)

loading...
Click to comment
To Top