Mau Tahu Bagaimana Kerusakan Pesawat Akibat Tabrakan dengan Burung? Ini Dia…. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Mau Tahu Bagaimana Kerusakan Pesawat Akibat Tabrakan dengan Burung? Ini Dia….

SYDNEY – Siapa sangka kerusakan pesawat akibat bertabrakan dengan burung bisa berakibat terjadinya kerusakan parah? Bahkan, kaca depan pesawat bisa saja pecah jika tertabrak oleh burung. Seperti yang terjadi di Negara tetangga, Australia.

Berdasarkan laporan yang diterima, sekitar dua ribu burung menabrak pesawat di langit Australia terjadi setiap tahunnya. Meski jarang menyebabkan kecelakaan pada penerbangan, tetapi tabrakan telah menyebabkan kerusakan bagi badan pesawat. Tercatat, burung yang menabrak pesawat menjadi insiden kecelakaan tertinggi dalam industri penerbangan di Australia.

Dengan jumlah insiden mencapai 2.000 kasus per tahun atau sekitar 4 kasus setiap harinya, industri penerbangan Australia telah banyak dirugikan. Beberapa bagian pesawat mengalami kerusakan, belum lagi dengan jadwal penerbangan yang terganggu untuk memperbaiki bagian yang rusak. Nilai kerugian bisa mencapai $1,5 atau Rp 15 triliun pertahunnya.

Seperti ini kerusakan pesawat akibat menabrak burung

“Sangatlah penting untuk mengetahui jenis burung apa, karena setiap jenis burung menyebabkan kerusakan yang berbeda-beda kepada badan pesawat,” ujar Martin Ziviani, seorang biologis.

“Kemudian kita bisa fokus pada jenis burung mana yang menyebabkan masalah dan membuat strategi untuk mengelola agar mengatasi masalah tersebut.”

Untuk menemukan jenis burung apa yang paling sering menabrak, bukanlah sesuatu yang mudah. Pekerjaan untuk mengambil sampel darah dan sisa-sisa tubuh burung di badan pesawat membutuhkan kepiawaian seorang ‘detektif’.

Salah satunya adalah Dr Rebecca Johnson, yang bekerja di Pusat Genomic Margasatwa di Museum Australia. “Pertama kita cari gen-nya… kita punya 80 juta spesimen hewan.. lewat DNA kemudian bisa dicari burung tersebut paling dekat ke jenis yang mana,” ujar Dr Johnson.

22 persen dari burung jenis ibis putih menjadi penyebab kerusakan pada tubuh pesawat terbang. Karenanya, sebuah program telah dilakukan di beberapa kawasan sekitar bandara-bandara di Australia, untuk menanggulangi ancaman dari burung-burung.

Salah satu program adalah memindahkan sarang burung ke tempat yang lebih jauh dari kawasan bandara, agar burung-burung tidak lagi perlu ‘berkompetisi’ dengan pesawat terbang. (jpnn)

loading...
Click to comment
To Top