Waspada…! Ini Modus Penipuan Online – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Waspada…! Ini Modus Penipuan Online

JAKARTA-Kanit III Jatanras Polda Metro Jaya, Kompol Jerry Siagian mengatakan, 33 Warga Negara (WN) Tiongkok yang diamankan terlibat dalam sindikat penipuan Internasional melalui cyber crimeonline dengan sasaran korban sesama warga Tiongkok yang berada di sana.

Menurutnya, sindikat ini kerap menjalankan aksinya dengan modus sebagai pejabat kepolisian atau pegawai kartu kredit.

“Mereka pura-pura menelpon dan mengatakan dan mengatakan ada masalah dengan kartu kredit. Ketika sudah terperdaya korbannya kemudian memberikan data mengenai kartu kreditnya,” kata Kompol Jerry saat berbincang dengan RMOL Jakarta, Kamis (7/5).

Kompol Jerry melanjutkan, data tersebut kemudian diberikan pada ‘bos’ mereka yang tinggal di Tiongkok. Untuk menghindari aparat kepolisian, sindikat ini, kata Kompol Jerry, menggunakan telepon satelit.

“Kebanyakan mereka menelpon ke rumah korbannya,” katanya.

33 WN Tiongkok ini semula dijanjikan akan dipekerjakan di kantor. Namun, itu hanya siasat saja, mereka pun dijadikan sindikat penipuan Internasional.

“Sindikat ini kerap berpindah-pindah tempat dan di Gaji oleh bos nya di Tingkok sebesar Rp 6 juta per bulan,” jelas Kompol Jerry.

Sejauh ini, Kompol Jerry menuturkan, kepolisian tak bisa menjerat mereka dengan pasal pidana, karena belum ada laporan dari pihak korban yang kebanyakan Warga Negara Tiongkok.

33 WN Tiongkok yang diamankan polisi dari sebuah rumah mewah di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Rabu malam, 19 orang diantaranya pria dan 14 lainnya wanita.

Pada penggerebekan itu, polisi juga menyita barang bukti berupa tujuh unit laptop, 12 tablet, 47 ponsel, puluhan pesawat telepon, puluhan modem, delapan handy talkie beserta alat pengisi dayanya, printer, kalkulator, dan tiga alat perekam. [sam/rmol]

Click to comment
To Top