Demokrat Sultra Satu Suara Dukung SBY – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Demokrat Sultra Satu Suara Dukung SBY

KENDARI – Kongres IV Partai Demokrat bakal digelar di Surabaya pada 11 hingga 13 Mei mendatang. Puluhan pimpinan dan kader Partai Demokrat se-Sultra kini sudah mulai bersiap-siap untuk mengikuti kongres tersebut.Mereka menuju kota pahlawan, dengan satu misi, mendukung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk kembali menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode mendatang.

Khusus di Sultra, setidaknya, ada 16 suara (2 suara DPD dan 14 suara DPC) sudah disolidkan, untuk disalurkan ke mantan Presiden RI tersebut. Hal itu diungkapkan Koordinator Pemenangan Pemilu Wilayah Sulawesi DPP Partai Demokrat, Umar Arsal. Legislator asal Sultra itu mengaku sudah berbicara dan bertemu semua pemilik suara, dan semuanya solid dukung SBY.

“Saya kira, tidak ada pilihan yang lebih baik dari Pak SBY. Kami masih butuh kepemimpinan beliau untuk kembali membawa partai ini ke posisi kemenangan di Pemilu 2019 mendatang,” kata Umar.

Menurut Umar, dengan dipimpin kembali SBY, Demokrat berpotensi memenangkan Pemilu 2019, karena rakyat ternyata kembali merindukan kepemimpinan SBY dan bagaimana Demokrat mengelola pemerintahan, setelah merasakan kehidupan di era pemerintahan berbeda saat ini. Selain itu, bagi para kader, SBY dianggap masih yang terbaik dan bisa jadi figur perekat, sehingga potensi perpecahan seperti yang terjadi di partai lain, tidak akan terjadi di Demokrat.

“Bukan hanya di Sultra, saya juga sudah bertemu dengan para pimpinan Demokrat di wilayah Sulawesi lainnya, semuanya masih satu dukungan ke SBY. Sepertinya Kongres nanti hanya akan mengesahkan SBY yang bisa saja dipilih aklamasi,” kata Umar Arsal. Anggota Komisi V DPR RI ini mengaku, hingga mendekati hari pelaksanaan, memang belum ada figur lain yang ikut mendaftar di Sterring Commite.

Masalahnya, tidak mudah menjadi bakal calon di pemilihan nanti. Seorang figur, seperti persyaratan yang ditetapkan Sterring, minimal memiliki dukungan 30 persen suara dasar untuk bisa maju sebagai calon. Nah, Umar mengklaim bahwa dukungan ke SBY malah sudah mencapai 90 persen. Bila klaim itu benar, maka dipastikan tidak aka nada calon lain lagi, karena dukungan dasar 30 persen sudah tidak tercapai.

“Tentu ini masih akan kita lihat di arena kongres nanti. Tapi saya optimis, SBY akan terpilih aklamasi. Sebagai anggota DPR RI dari Sultra, tentu keinginan saya agar Demokrat di daerah ini juga mendukung SBY, dan memang demikian adanya,” katanya sembari memperlihatkan sebuah amplop besar yang diklaim berisi pernyataan dukungan dari Sultra. Dukungan itu penting karena akan diperlihatkan ke sterring, untuk diverfikasi sterring commite, sebagai persyaratan pencalonan.

Sementara itu, Ketua Steering Committee Syarief Hasan mengatakan, hingga kemarin tidak ada calon ketua umum yang akan bertarung di Kongres Demokrat pekan depan. Syarief menegaskan, hanya ada calon tunggal yaitu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Syarief, pihaknya memberikan batas minimal dukungan suara 30 persen. “Mungkin mereka tidak bisa cari dukungan suara,” tukas dia.

Pihaknya sengaja memberikan batas dukungan tersebut, agar muncul kader yang berkualitas. Kualitas tersebut dilihat dari dukungan yang cukup banyak dari pemilik suara. Selain itu, jumlah pemilik suara dalam kongres, berkisar 530 hingga 540 suara.

Seperti diketahui, Demokrat akan menggelar kongres di Surabaya, Jawa Timur, pada 11 hingga 13 Mei. Selain SBY, sebelumnya, beberapa kader Partai Demokrat disebut sebagai calon ketua umum Partai Demokrat. Di antaranya, loyalis Anas Urbaningrum yang juga Anggota DPD, I Gede Pasek Suardika, Mantan Ketua DPR Marzuki Ali, dan sejumlah nama lain dari Forum Pendiri Partai Demokrat. (ing/KP)

Click to comment
To Top