Ini Alasan Tunjangan Profesi Guru Telat Cair – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ini Alasan Tunjangan Profesi Guru Telat Cair

KENDARI – Hingga saat ini Tunjangan Profesi Guru (TPG) di Kota Kendari tak kunjung cair. Sebanyak 2.559 guru hingga kini belum menerima TPG triwulan I. Padahal, idealnya pencairan tunjangan profesi triwulan pertama sudah harus rampung tanggal 16 April lalu.

Kondisi tersebut, tentu meresahkan para guru yang terdiri dari guru SD, SMP dan SMA di Kendari. Pasalnya informasi keterlambatan tunjangan satu bulan gaji pokok tersebut, tidak jelas sehingga tenaga pendidik ini mengharapkan adanya kejelasan dari pihak Dikbud Kota Kendari.

Informasi yang dihimpun, penyebab keterlambatan TPG rupanya data guru yang disampaikan di pusat tidak valid. Total yang TPG-nya belum cair mencapai 2.559 orang, yang sudah mengantongi SK Dirjen 1796 orang (tinggal menanti pencairan tunjangan) sedangkan yang belum menerima SK sebanyak 763 orang.

“Nah, diduga mereka itulah yang belum memiliki data valid sehingga SK nya belum terbit dan menghambat pencairan TPG,” ungkap Pengelola Tunjangan Profesi Guru dan Aneka Tunjangan Dikbud Kota Kendari, Amran, Kamis (7/5).

Dijelaskan bahwa, ada beberapa faktor sehingga SK Dirjen belum terbit dan menghambat pencairan TPG. Pertama, data guru yang dikirim operator sekolah melalu Dapodik (Data Pokok Pendidikan) atau Dapodikemen masuk keserver pusat, biasanya belum valid. Kedua, jumlah jam mengajar guru tidak cukup 24 jam dalam satu minggu. ketiga, kebanyakan riwayat pendidikan guru disekolah tidak diisi oleh Oprator Sekolah.

“Agar SK Dirjen cepat terbit data guru harus valid, kalau tidak valid maka SK Dirjen tidak akan pernah terbit dan dapat dipastikan TPG guru tidak akan cair. Maka setiap Operator Sekolah harus cermat dan teliti setiap mengisi data guru-guru diDapodik atau di Dapodikmen,” tutur Amran.

Setiap perkembangan data guru, Dikbud publikasikan lewat grup resmi Dikbud Kota dijejaring sosial dan ditempel di papan informasi untuk memberikan informasi kepada operator sekolah, agar memperbaiki data-data guru yang belum valid, “Insya Allah dalam waktu dekat mudah-mudahan TPG Triwulan I sudah cair SP2D nya sudah bagi yang telah memiliki SK Dirjen,” tandasnya. (p13/KP/b)

loading...
Click to comment
To Top