Ini Dia Kandidat Kuat Pesaing Ahok di Pilgub Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Ini Dia Kandidat Kuat Pesaing Ahok di Pilgub Jakarta

JAKARTA – Pemilihan Gubernur DKI Jakarta baru akan digelar pada 2017 mendatang. Sejumlah nama yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing terberat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pun mulai bermunculan. Dan dipastikan Pilgub DKI Jakarta bakal seru.

Hasil survey yang dilakukan oleh Cyrus Network (CN) menyebutkan incumbent Ahok, Walikota Bandung, Ridwan Kamil (Kang Emil) dan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) saling bersaing memperebutkan kursi orang nomor satu di DKI Jakarta. Menariknya, ketiga kandidat itu diinginkan masyarakat untuk maju di Pilgub melalui jalur independen‎, bukan lewat jalur partai politik (parpol).

Ini merupakan peringatan bagi partai-partai politik yang selama ini menjadi kendaraan calon-calon pemimpin daerah. Ahok yang dimintai tanggapannya mengaku santai terhadap hasil survei tersebut. “Enggak apa-apa, kalau ada yang lebih baik dan jujur dari saya berarti bagus dong,” kata Ahok di balai kota, Jumat pagi (8/5).

Nama itu berkibar lantaran gebrakan-gebrakannya yang kadang menimbulkan kontroversi, tapi demi kebaikan masyarakat. Menurut Ahok semakin banyak orang bagus mau jadi gubernur berarti warga Jakarta pilihannya tambah banyak. “Yang untung orang Jakarta dong,” tambahnya.

Dari survei CN, Ahok mendapat tingkat‎ elektabilitas 33,9 persen, Risma 11,4 persen, Ridwan Kamil 10,4 persen, dan selebihnya diisi beberapa nama. “Kalau punya rekam jejak yang baik, ada kemungkinan bisa jadi gubernur DKI,” ujar pejabat asal Belitung tersebut.

Survei tersebut berlangsung pada 23 April hingga 27 April 2015. Metode yang dilakukan adalah multistage random sampling. Responden tersebar secara proporsional di seluruh wilayah kelurahan DKI Jakarta dengan umur minimal 17 tahun.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Jumlah responden 1.000 orang dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 3,1 persen. (Dedi Y/dio/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top