Ini Menteri-Menteri yang Harus Dievaluasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Menteri-Menteri yang Harus Dievaluasi

JAKARTA-Menteri ekonomi yang perlu segera dievaluasi adalah menteri-menteri yang kerjanya untuk menjamin perut rakyat kenyang. Contohnyaya Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian.

“Selain itu, Menteri UKM dan Koperasi juga perlu dievaluasi. Mampukah menteri meningkatkan gairah usaha kecil di Indonesia,” kata pengamat komunikasi politik dari Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi), Hendri Satrio, kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu (Jumat, 8/5).

Menurut Hendri Satrio, Menteri Koordinator Perekomian juga adalah menteri yang paling bertanggungjawab terhadap kinerja para menteri ekonomi.

“Nah, Menko ekonomi koordinasinya bagaimana? Kenapa harga bahan pokok naik tidak tegur keras menterinya. Bagaimana dengan ketahanan pangan atau percepatan industri dalam negeri?” ungkap Hendri.

Di sisi lain, Hendri menilai persoalan nilai rupiah yang melemah atas dolar AS juga cukup rumit dan harus diperhatikan. Namun yang pasti, persoalan ini bukan menjadi tanggung jawab Presiden Joko Widodo atau Menteri Keuangan Bambantg Brodjonegoro.

“Pelemahan rupiah ini tanggung jawab BI. Nah, kadang BI lucu juga, salah satu pejabatnya malah bikin komunikasi agar rakyat bersabar, enak bener,” sindir Hendri.

Karena itu, Hendri menilai langkah Jokowi memanggil Gubernur BI beberapa hari yang lalu sidah tepat. Sebab, pemerintah dan BI harus bergerak cepat agar ekonomi di kuartal kedua tahun ini bisa lebih baik dari kuartal pertama. [ysa/rmol]

Click to comment
To Top