Koalisi ‘Gendis’ Tinggalkan Golkar-PAN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Koalisi ‘Gendis’ Tinggalkan Golkar-PAN

GROBOGAN, RAJA – Tiga partai besar di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP), telah sepakat koalisi. Koalisi tersebut diandai penandatanganan Memory of Understanding (MoU).

Ketiga parpol itu adalah DPC Partai Demokrat, Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Koalisi tiga parpol ini pun diberi nama “Gendis”, yaitu singkatan dari Gerindra Demokrasi Sejahtera.

Koalisi ini dibentuk guna memenuhi ambisi untuk mengusung calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Grobogan yang akan diajukan dalam Pilkada tanggal 9 Desember 2015 mendatang. Dalam deklarasi tersebut nampak hadir Ketua DPC Partai Gerindra Sugiarto, Ketua DPC Partai Demokrat Sutirto dan Ketua DPD PKS Saptadi. Hadir dalam acara tersebut, selain 12 anggota DPRD dari Fraksi Gerindra, Demokrat dan PKS juga sejumlah kader dan pengurus masing-masing partai turut meramaikan.

Sutirto selaku Ketua Koalisi mengatakan, koalisi tiga partai ini dilaksanakan berdasarkan kesepakatan tiga partai yang memiliki tujuan sama, yaitu mengusung kandidat bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam Pilkada Grobogan pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang. Koalisi partai ini, katanya juga bertujuan untuk mencari sosok-sosok ideal sebagai pemimpin Grobogan untuk lima tahun ke depan.

“Dibentuknya koalisi Gendis ini sekaligus merupakan strategi untuk bisa mengusung sosok-sosok kredibel yang benar-benar bisa diandalkan untuk memajukan daerah Grobogan dalam kurun waktu lima tahun ke depan, karena persyaratan untuk bisa mencalonkan bupati dan wakil bupati harus mempunyai 10 kursi dengan 15 persen suara. Dengan demikian, koalisi tiga partai ini sudah memenuhi syarat, sebab Gerindra memiliki 5 kursi, Demokrat 4 kursi dan PKS 3 kursi,” ujar Sutirto seraya menyebut langkah selanjutnya, membentuk desk Pilkada yang dijadwalkan pekan mendatang.

Terkait ditinggalkannya Partai Golkar dan PAN dalam koalisi tersebut, Sutirto menyatakan, komunikasi politik dengan dua partai yang masuk dalam Koalisi Merah Putih itu menemui jalan buntu. Penyebabnya, selain Golkar masih ada kisruh di tingkat DPP, untuk PAN hingga menjelang dibentuknya koalisi Gendis belum bisa ketemu.

”Adapun nantinya kriteria calon bupati dan wakil bupati kami buka untuk umum. Siapa saja bisa dan boleh mendaftarkan, baik kader maupun non kader,” ujar Sutirto yang didampingi Sekretaris Gendis, Sugiharto dan Ketua DPD PKS Saptadi. (awg)

To Top