Pemilihan Ketua Melalui Musyawarah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pemilihan Ketua Melalui Musyawarah

MAKASSAR, FAJARONLINE — Pemilihan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) harus mengedepankan musyawarah. Mekanisme tersebut terbilang baru dan akan diterapkan pada proses pemilihan ketua baru PAN Sulsel, dalam forum Musyawarah Wilayah (Muswil) nantinya.

Asal diketahui, muswil sebelumnya penentuan ketua dilakukan secara voting dan ini akan sangat jauh berbeda dengan muswil nantinya. Dimana proses penentuan ketua tidak lagi bisa dengan cara voting, melainkan harus dengan musyawarah mufakat. Aturan ini baru disepakati dalam forum Rakernas kemarin. Hal ini diungkapkan Sekertaris PAN Sulsel Buhari Kahar Mudzakkar, Jumat 8 Mei.

“Keputusannya sudah seperti itu pada rakernas. Hal ini akan sangat jauh berbeda dengan sebelumnya, lantaran akan dilakukan muswil dan musda harus ditentukan melalui musyawarah mufakat,” katanya. Bahkan aturan baru partai tersebut telah disepakati dan dituangkan dalam pedoman organisasi.

Namun demikian, Para ketua DPD nantinya, hanya sebatas memberikan usulan mengenai siapa figur yang diinginkannya menjadi ketua baru. Selanjutnya usulan beberaapa nama tersebut akan dikirim ke DPP untuk verifikasi. “Mekanismenya adalah kewenangan sepenuhnya DPP yang turunkan rekomendasi dan akan menentukan siapa figur yang masuk dalam Muswil untuk dipilih. Calon ketua yang melakukan komunikasi untuk menyepakati siapa salah satunya jadi ketua DPW,” jelasnya. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top