Pilkada Sulsel, Independensi Penyelenggara Harga Mati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pilkada Sulsel, Independensi Penyelenggara Harga Mati

MAKASSAR,FAJARONLINE — KPU Sulsel mengingatkan komisioner KPU pada 11 kabupaten/kota agar tetap menjaga independensi. Pilkada rawan membawa mereka memihak kepada kandidat tertentu.

Komisioner KPU Sulsel Mardiana Rusli menegaskan, independensi seorang komisioner adalah harga mati. Sikap itu akan menghasilkan pemilihan kepala daerah yang berkualitas.
“Ini harus ditanamkan dengan baik. Bahwa independensi adalah harga mati dan ini yang harus menjadi perhatian bagi semua komisioner termasuk anggota adhoc yang baru akan direkrut nanti agar menciptakan pemilu yang bersih,” katanya,Jumat 8 Mei.”Kita selalu berbenah di setiap momen pemilu yang dilewati. Kita juga berharap kepada masyarakat untuk memberikan masukan jika memang melihat dan mengetahui adanya penyimpangan oleh penyelenggara,” harap mantan jurnalis ini.

Ana, sapaan Mardiana, mengungkapkan beberapa pengalaman menunjukkan adanya oknum yang menggadaikan independensinya. Hal ini dibuktikan hasil sidang etik Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) yang banyak mengadili para penyelenggara di Sulsel.
Komisioner KPU Sulsel Divisi Hukum, Khaerul Mannan mengatakan, KPU Sulsel sudah meminta kepada seluruh KPU untuk mengawasi adanya tim sukses bakal calon kepala daerah pada penerimaan badan adhoc.

“Yang namanya kecurangan jelas ada. Harapanya kita agar ini berjalan dengan baik tanpa ada intervensi dari kalangan tertentu,” harapnya. (taq/wik)
loading...
Click to comment
To Top