Ritual Khusus Nyalakan Api Porprov Sulbar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ritual Khusus Nyalakan Api Porprov Sulbar

FAJARONLINE, POLEWALI – Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) II Sulawesi Barat rencananya diambil dari sumber api alam di Kampung Pangeso Desa Doda Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara.

Rencananya api Porprov Sulbar II diarak dari Mamuju Utara hingga Polman, mulai Jumat 8 Mei dan tiba di Polman, Sabtu 9 Mei sehari sebelum pelaksanaan Porprov II Sulbar. Api akan dinyalakan pada pembukaan Porprov II, Senin, 11 Mei di Stadion HS Mengga oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Wakil Ketua KONI Sulbar yang juga penanggung jawab kirab api Porprov, Muslim Fatta mengungkapkan sumber api diambil dari bekas sumur pengeboran minyak di Desa Doda Sarudu. Kemudian diarak secara estapet mulai dari Matra ke Mamuju Tengah (Mateng) di Bengga Ulu.

“Disini ada proses serah terima dari Matra ke Mateng. Selanjutnya diarak lagi ke perbatasan Mateng dengan Mamuju di Jembatan Tarailu kemudian dibawa ke Kota Mamuju. Selanjutnya diinapkan di Kantor Mamuju satu malam setelah itu keesokan harinya diarak lagi ke perbatasan Mamuju-Majene di Jembatan Maliaya,” jelas Muslim Fatta yang juga Wakil Ketua Panitia Porprov Sulbar.

Api akan dijemput Pemkab Polman diperbatasan Majene-Polman di Tandung Kecamatan Tinambung. Selanjutnya diarak ke Kota Polewali kemudian diinapkan di Kkntor Bupati Polman. “Setiap estapet, arak api akan dibawa atlet masing-masing kontingen yang daerahnya dilewati rute perjalanan kirab api porprov,” tambahnya. (ham)

To Top