Berantas Pungli, Pasang CCTV – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Berantas Pungli, Pasang CCTV

BULUKUMBA, FAJARONLINE — Legislator DPRD Bulukumba meminta pemkab memasang
closed circuit television (CCTV) di seluruh ruangan kantor BKDD. Pemasangan CCTV untuk memutus praktik pungutan liar (pungli) yang kian marak.

Usulan pemasangan CCTV di kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) mengemuka pada rapat dengar pendapat (RDP) Komisi A dengan BKDD, Jumat, 8 Mei. RDP ini keempat kalinya terkait dugaan pungli di BKDD.

Ketua Komisi A DPRD Bulukumba, Hilmiati Asip mengatakan, pemasangan CCTV harus dilakukan agar pegawai BKDD selalu merasa diawasi. Langkah tersebut diyakini dapat menekan praktik pungli di BKDD Bulukumba.

“CCTV tersebut terkoneksi ke ruang pimpinan agar pegawai selalu diawasi,” ujar Hilmiati saat RDP dengan pimpinan BKDD Bulukumba.

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Syamsir Paro mengatakan, harus ada upaya perubahan di internal BKDD agar pungli dapat dihilangkan. Selain pemasangan CCTV, perlu ada pengumuman berukuran raksasa di depan BKDD yang menyatakan “kantor bebas pungli”.

Syamsir merasa kesal lantaran beberapa hari lalu, dia menemukan praktik pungli di BKDD melalui keluarganya yang menjadi korban “pemerasan” pembayaran Surat Keputusan (SK) CPNS.

Menurut Syamsir, jika BKDD tidak segera membenahi internalnya, maka bisa saja kembali jadi bulan-bulanan kritik.

“Kalau ada masyarakat yang dirugikan, silakan laporkan,” ujarnya.

Kepala BKDD Bulukumba, Muh Sabir mengaku tidak pernah memerintahkan melakukan pungutan dalam bentuk apa pun. Sabir menuding pegawainya yang melakukan pungli sebab selalu ada temuan lantas yang disalahkan kepala BKDD. (dir/rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top