Indonesia Sebagai Poros Maritim Hanya Mimpi, Ini yang Harus Dilakukan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Indonesia Sebagai Poros Maritim Hanya Mimpi, Ini yang Harus Dilakukan

JAKARTA-Mimpi Indonesia menjadi poros maritim dunia bisa diwujudkan jika Indonesia memiliki industri kemaritiman, bukan sekedar membuat kebijakan membom kapal tongkang ilegal milik nelayan asing pencuri ikan di perairan NKRI.

Demikian disampaikan aktivis pro demokrasi, Adhie M Massardi saat berbicara dalam diskusi bertajuk “Membongkar Mimpi Poros Maritim Jokowi” di Cikini, Jakarta, Minggu (10/5).

Menurut Jurubicara Presiden era Presiden Abdurrahman Wahid ini, demi mewujudkan Indonesia poros maritim dunia semestinya Kementerian Koordiantor Kemaritiman tidak hanya membawahi empat kementerian. Dia mencontohkan, kementerian industri juga seharusnya dilibatkan dalam mewujudkan target membangun Indonesia sebagai poros maritim.

Hal itulah yang dilakukan negara-negara yang berfokus mengarahkan pembangunnanya ke dunia maritim seperti Korea dan Jepang. Kedua negara tersebut mengutamakan membangun industi kapal, yang disinergiskan dengan industri kelautannya.

Untuk itu, lanjut Adhi, dalam membangun mimpi Indonesia Poros Maritim, Presiden mesti menepatkan orang-orang yang mengerti masalah kemaritiman bukan sekedar laut dan ikan.

“Mewujudkan Indonesia poros maritim tidak hanya sekedar laut dan ikan, melainkan Indonesia sudah seharusnya membuat industri galangan kapal yang canggih. Yang menarik Indonesia belum membuat industri kapal. Sementara Korea dan Jepang salah satu yang dimajukan adalah industri pembuatan kapal,” pungkasnya.[dem/rmol]

loading...
Click to comment
To Top