SYL Ajari Dubes Malaysia Falsafah Bugis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

SYL Ajari Dubes Malaysia Falsafah Bugis

FAJARONLINE, MAKASSAR – Duta Besar (Dubes) Malaysia, Zahrain Mohamed Hashim berguru falsafah Bugis ke Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Bertempat di gubernuran, Minggu 10 Mei, Syahrul memaparkan tentang falsafah itu ke rombongan dubes. “Kami di Bugis punya tiga cara menyelesaikan masalah, berupa tiga ujung masing-masing ujung lidah, ujung kemaluan, dan ujung badik,” tuturnya pada dubes yang duduk di sampingnya. Dia kemudian melanjutkan dengan penjelasan masing-masing.

“Ujung lidah artinya diplomasi. Kami pertama menyelesaikan masalah dengan cara berdiplomasi. Kalau cara itu tidak berhasil, maka kita pakai cara kedua, jalur perkawinan. Nah itu yang paling enak,” terang Syahrul yang kemudian disambut tawa rombongan dubes.

Jalan terakhir, menurut Syahrul, merupakan cara paling berbahaya. Cara inilah yang paling banyak menjatuhkan korban. “Jadi, kalau memang bisa ya berhenti di cara kedua saja,” pungkas Syahrul. Dubes Malaysia yang mendengarkan penjelasan itupun mengangguk-angguk membenarkan. (mp13)

loading...
Click to comment
To Top