Duhh.. “Nenek Asyiani” Terjadi di Sinjai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Duhh.. “Nenek Asyiani” Terjadi di Sinjai

FAJARONLINE, SINJAI – Kasus hukum yang menimpa Bahtiar bin Sabang asal Sinjai menuai kritik. Sejumlah kalangan menilai dakwaan perambahan hutan negara yang disangkakan mengada-ada. Kasusnya hampir serupa dengan nenek Asyiani di Situbondo yang hebohkan publik. Hal tersebut diungkapkan Kepala Biro I Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulsel, Armansyah Dore di Makassar, Senin 11 Mei. “Dalam RDP DPRD dengan Dinas Kehutanan Sinjai terungkap fakta jika semua kawasan hutan yang ada di Sinjai belum berstatus masih dalam status penunjukan. Dengan demikian kawasan hutan yang masih berstatus penunjukan jelas tidak memiliki kekuatan hukum. Jadi tidak ada alas hukum bagi penegak hukum menahan Bahtiar bin Sabang,” ujar Arman.

Seperti halnya Nenek Asyiani, tambahnya Bahtiar bin Sabang juga korban UU Pencegahan, Pemberantasan Perusakan Kawasan Hutan (P3H). “Karena itu kami mendesak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan pengawasan ketat terhadap jajarannya tak ada lagi rakyat jadi tumbal. Rabu mendatang, Bahtiar bin Sabang menjalani sidang putusan. Jika keputuasan yang diambil hakim tidak memenuhi rasa keadilan masyarakat adat, petani dan mahasiswa serta elemen gerakan lainnya, maka kami menempuh jalur hukum dan politik, di antaranya melakukan aksi massa menduduki Dinas Kehutanan Sinjai,”ancamnya.

Bahtiar bin Sabang kini ditahan dengan tuduhan telah menebang 40 batang pohon yang diklaim milik Dinas Kehutanan Sinjai. Kasusnya mencuat ke publik setelah dalam persidangan, hadir Sandra Moniaga (komisioner Komnas HAM) selaku saksi ahli terlapor. Saat ini Bahtiar bin Sabang berstatus tahanan rumah Kejaksaan Negeri Sinjai setelah lebih dari 50 hari menjadi tahanan Polres Sinjai. Bahtiar telah menjalani proses hukum sekitar satu tahun, empat bulan sejak ditetapkan sebagai tersangka. Kasus ini bermula saat Bahtiar bermaksud menyiangi tanaman di tanah adat, tempat dia bercocok tanam, namun Kehutanan Sinjai dilaporkannya ke polisi telah melakukan perambahan hutan. (mp2)

Click to comment
To Top