Ekonomi Melambat, Ini Permintaan Kadin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Ekonomi Melambat, Ini Permintaan Kadin

JAKARTA- Kamar Dagang Indonesia meminta kegaduhan politik di dalam neeri segara dihentikan. Pasalnya, kegaduhan itu membuat ekonomi Indonesia melambat pada kuartal pertama 2015 ini.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama hanya menyentuh angka 4,7 persen. Kondisi ini dinilai kurang menguntungkan bagi roda perekonomian domestik.

“Kita semua tahu penyerapan APBN masih di bawah 20 persen, maka terjadi perlambatan ekonomi,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah Natsir Mansyur dalam keterangan persnya, Senin (11/5).

“Perputaran uang yang menguap diperkirakan mencapai Rp 5 triliun per hari karena kegaduhan-kegaduhan itu yang membuat ekonomi tidak bisa mencapai target pertumbuhan 5,3 persen,” kata Natsir.

Menurutnya, selain kenaikan kurs dollar secara signifikan, indeks saham dan daya beli masyarakat juga menurun. Dia mengatakan perizinan yang tumpang tindih pun menjadi penyebab turunnya perekonomian dan mengganggu kenyamanan dalam berusaha.

“Berkaca dari ekonomi semester yang pertama, pada semester kedua kegaduhan politik ini masih menghantui. Namun polemik politik sudah teratasi dan berjalan baik karena sinyal kebersamaan diantara petinggi politik menunjukkan ke arah yang positif,” tandas Natsir. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top