Komisi B DPRD Kota Semarang Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Johar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Komisi B DPRD Kota Semarang Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Johar

SEMARANG, RAJA – Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang Mualim didampingi beberapa anggota dewan lainnya meninjau lokasi kebakaran di Pasar Johar Semarang.

Pasar terbesar di Semarang tersebut terbakar pada Sabtu (9/5), sekira pukul 20.45 WIB. Angin yang bertiup kencang menyebabkan kebakaran terus merembet ke Pasar Yaik yang masih satu kawasan dengan Pasar Johar. Bahkan sampai pukul 10.30 Minggu (10/5) beberapa titik api masih menyala.

Dalam kunjungan tersebut Mualim menyatakan, persoalan relokasi pedagang Pasar Johar harus segera dilakukan agar kegiatan perdagangan kembali berjalan. “Begini, relokasi ini persoalan serius yang harus segera dipikirkan dan dilakukan. Kalau berlarut-larut, kasihan pedagang,” ungkap Mualim di sela tinjauan yang dilakukan bersama rombongan Komisi B DPRD Kota Semarang, Minggu (10/5)..

Mualim meminta Pemerintah Kota Semarang harus segera membahas langkah ke depan terkait nasib Pasar Johar, baik pembangunan atau dibehani agar pedagang bisa berjualan kembali. “Yang jelas, pemkot harus peduli dan segera membahas rencana atas Pasar Johar ke depan, apakah direvitalisasi, dibenahi, atau bagaimana. Anggarannya nanti di APBD Perubahan 2015 atau APBD 2016,” ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, bahwa segala kerugian dan jumlah pedagang di Pasar Johar harus segera diinventarisasi untuk melakukan langkah lebih lanjut, yakni relokasi ke tempat yang lebih aman. “Sudah kami lihat, secepatnya kami akan panggil dinas-dinas terkait dan langkah-langkah apa yang akan dilakukan, semuanya kan harus dihitung,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Danur Rispriyanto menambahkan, langkah apapun yang ditempuh Pemkot Semarang terkait Pasar Johar dan pedagangnya ke depan tidak boleh dilakukan secara gegabah. “Pertama, ini tempat relokasi dulu. Ada usulan di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) atau di bekas Mal Matahari Johar. Kami tetap akan bantu,” katanya.

Komisi B DPRD Kota Semarang, kata dia,  juga akan memfasilitasi rencana Pemkot Semarang dengan pedagang agar tercapai solusi yang tepat seperti dengan mengundang dinas terkait lebih dulu. “Dinas Pasar dan unit pelaksana teknis dinas (UPTD) terkait yang kami undang dulu, bagaimana langkah yang akan dilakukan. Mana tempat relokasi yang akan disiapkan untuk mereka,” terangnya.

Di sisi lain, lanjut politikus Partai Demokrat itu mengingatkan, bahwa kejadian terbakarnya Pasar Johar ini bisa menjadi pembelajaran bagi seluruh pihak, terutama pemkot dalam mengatur penataan pasar tradisional. (Art)

loading...
Click to comment
To Top