KPK Siapkan Sprindik Baru IAS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

KPK Siapkan Sprindik Baru IAS

FAJARONLINE, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) optimistis gugatan praperadilan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ditolak hakim. Pembacaan putusan dijadwalkan berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, besok, Selasa 12 Mei.

Meski demikian KPK sudah mempersiapkan langkah strategis diam jika putusan berkata lain. Lembaga antirasuah itu bisa saja menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik) baru. KPK beralasan memiliki cukup bukti menjerat mantan Wali Kota Makassar dua periode itu.

Ketua Tim Kuasa Hukum KPK, Nur Chusniah mengatakan, langkah praperadilan yang ditempuh pemohon hanya bagian dari upaya mengkaji proses yang dilakukan KPK. Proses itu tidak bersangkutan dengan materi perbuatan pidana, melainkan lebih mengarah pada mekanisme formal yang diatur dalam KUHAP mengenai tindakan penyidik.

Dengan demikian lanjutnya, jika nanti hakim mengabulkan, maka akan dilihat bagaimana bunyi amar putusannya. Jika yang disebutkan salah hanya saat penyelidikan atau penyitaan, maka KPK hanya berkewajiban memperbaiki pada sisi itu.

“Tidak berkaitan dengan menghapus pidana. Bisa saja ada sprindik baru,” tegas Nur Chusniah.

IAS ditetapkan tersangka KPK dalam kasus dugaan korupsi di PDAM Makassar pada 7 Mei 2014 lalu. Jumlah kerugian negara berdasarkan temuan BPK ditaksir mencapai Rp38 miliar. (fmc)

Click to comment
To Top