Pakai Dana PIP, Buton Bantu Buteng Rp 41 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pakai Dana PIP, Buton Bantu Buteng Rp 41 Miliar

LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mendapat aliran dana segar dari daerah induk Kabupaten Buton. Dana yang digelontorkan tidak sedikit. Sebesar Rp 41 Miliar diberikan kepada Pemkab Buteng untuk melakukan pembangunan jalan poros Sangia Wambulu – Lombe.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Buteng, Saleh Ganiru. Dikatakan, dana puluhan miliar tersebut berasal dari Pinjaman Investasi Pemerintah (PIP) Kabupetan Buton yang memang untuk perbaikan jalan di Buteng. Dengan rincian, Rp 28 miliar untuk pembangunan jalan poros Sangia Wambulu-Lolibu sepanjang 18 km. Sisanya Rp 13 miliar untuk pembangunan jalan poros Labungkari-Lolibu sepanjang sekitar 10 km.

Lebih lanjut, dana tersebut, merupakan utang Pemkab Buton ke pihak PIP. “Padahal dana itu menjadi konsekuensi utang dan harus dikembalikan oleh Pemerintah Kabupaten Buton,” tutur Saleh pada koran ini melalui telepon selulernya, beberapa waktu lalu.

Atas bantuan tersebut, Legisltor Partai Bulan Bintang (PBB) itu memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tigginya kepada pemerintah Kabupaten Buton yang dipimpin oleh Samsu Umar Abdul Samun dan La Bakry.

“Kenapa? Karena meskipun Buteng itu telah menjadi daerah otonom baru, terpisah secara administrasi dari Buton induk, tapi Pemerintah Kabupaten Buton itu masih konsisten untuk membangun Buteng dalam bentuk mengalokasikan lebih dari 40 persen PIP yang dipinjam oleh Kabupaten Buton untuk Kabupaten Buton Tengah,” ujarnya.

Dia juga membantah informasi yang berkembang di masyarakat bahwa perbaikan jalan poros yang sudah berjalan sekitar dua bulan lalu tersebut berasal dari pemerintah Buteng. Menurutnya informasi itu tidak benar, karena yang membangun jalan tersebut adalah Pemkab Buton.

“Jadi saya juga ingin menegaskan bahwa pekerjaan perbaikan jalan poros Tolandona-Lombe plus Labungkari-Lolibu, itu bukan dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Buton Tengah sebagaimana informasi yang selama ini disampaikan pemerintah kepada masyarakat Buteng. Tapi pekerjaan jalan itu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Buton Induk,” tuturnya. (rud/BP)

loading...
Click to comment
To Top