Panselnas Ambil Alih TKB CPNS Konkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Panselnas Ambil Alih TKB CPNS Konkep

JAKARTA – Polemik pembatalan CPNS di Konawe Kepulauan (Konkep) menemui jalan buntu. Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Nur Sinapoy tetap bersikeras mengumumkan hasil kelulusan CPNS di Konkep berdasarkan pada nilai tes kompetensi bidang (TKB). Sementara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) menginginkan agar kelulusan diumumkan berdasarkan tes kompetensi dasar (TKD).

Karena tidak adanya jalan keluar. Alhasil, TKB CPNS Konkep terpaksa diambil alih Panselnas. Langkah ini ditempuh karena Bupati Konkep Nur Sinapoy menolak melaksanakan surat perintah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi agar hasil tes kompetensi dasar (TKD) diumumkan.

[baca juga: Tolak TKB, CPNS Konkep Mengadu ke Kantor Kemen PAN-RB]

“Bupati Konkep tetap bersikeras menolak pengumuman CPNS hanya didasarkan pada TKD. Beliau minta harus ada TKB untuk menyaring putra daerah asli,” kata Kabag Komunikasi Publik KemenPAN-RB Suwardi di kantornya, Jakarta, Senin (11/5).

Sikap keukeuh Bupati Konkep itu juga yang membuat Panselnas mengumumkan hasil TKD CPNS daerah tersebut. Hanya saja pemberkasan NIP tidak bisa dilakukan karena bupati menolak menetapkan kelulusan.

“Dari hasil pembicaraan dengan bupati, MenPAN-RB memutuskan untuk melakukan TKB ulang dan diambilalih Panselnas. Jadi materi dan pengujinya dari Panselnas serta tidak melibatkan daerah,” terangnya.

Hanya saja solusi MenPAN-RB ini belum direspon oleh Bupati Konkep. Hingga saat ini, pemda belum memberikan jawaban tentang pelaksanaan TKB oleh Panselnas. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top