Takalar Butuh Rp1 Triliun Pembiayaan untuk Nelayan dan Petambak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Takalar Butuh Rp1 Triliun Pembiayaan untuk Nelayan dan Petambak

TAKALAR, FAJARONLINE — Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin, berharap, program Jaring OJK dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, paling tidak bisa memberi porsi pembiayaan hingga Rp1 triliun untuk Kabupaten Takalar.

OJK sebelumnya menargetkan, penyelaluran pembiayaan bisa bertumbuh 66 persen tahun ini menjadi Rp70 triliun untuk sektor kelautan dan perikanan secara nasional.

“Pembiayaan itu paling kita butuhkan untuk merehabilitasi tambak, dan modal petani rumput laut,” jelas Burhanuddin.

Dia menjelaskan, salah satu sektor ekonomi yang paling diandalkan di Takalar adalah tambak udang, maupun lobster. “Ada kurang lebih 10 ribu hektare lahan tambak di Takalar. Sekitar 80 persen di antaranya, masih menggunakan pengelolaan secara tradisional, yang cuma menghasilkan 5-10 ton perhektare. Selebihnya adalah budidaya superintensif, intensif, dan tradisional plus, yang memproduksi 10 ton hingga 60 ton perhektare. Sebelumnya, banyak petambak yang berhenti membudidayakan udang, karena hama penyakit,” jelas dia.

Dengan modal yang lebih besar, nelayan bisa meningkatkan pengelolaannya menjadi minimal intensif atau tradisional plus. “Kriterianya itu punya kincir, hingga kerambah jaring apung,” katanya. Paling tidak, dengan modal tersebut, pengelolaan secara tradisional bisa menjadi tradisional plus dan intensif.

Selain tambak, jelas dia, sektor lain yang paling perlu untuk dibiayai, adalah telur ikan terbang dan rumput laut. “Karena pengusahanya bisa ekspor hingga 1.000 ton pertahun, dengan nilai sekitar Rp350 miliar. Telur ikan ini masih punya potensi dikembangkan,” katanya.

Sedangkan, rumput laut, jelas dia, butuh modal usaha. “Banyak pembudidaya rumput laut, karena sudah kehabisan modal, terpaksa memanen rumput laut, dan menjualnya lebih cepat. Padahal, belum waktunya. Akhirnya harganya anjlok,” katanya.(sbi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top