Uji Labfor Tentukan Penyebab Kebakaran Pasar Johar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Uji Labfor Tentukan Penyebab Kebakaran Pasar Johar

SEMARANG, RAJA – Pihak kepolisian segera menyelidiki dugaan penyebab terjadinya kebakaran Pasar Johar, Semarang Jawa Tengah. Kepala Pusat Laboratorium Forensik Polri Cabang Semarang Kombes Setiani Dwi Astuti mengatakan, pihaknya akan mencari sampel dari lokasi kebakaran untuk diuji dalam rangkaian penyelidikan.

“Nanti kami langsung masuk, kami ambil barang bukti,” ujarnya usai menyambangi lokasi kebakaran, Minggu (10/5).

Dwi berjanji hasil penelitian labfor secepatnya diselesaikan. Guna mengetahui penyebab terbakarnya Pasar Johar yang merambat ke Pasar Yaik.

“Kalau tidak Senin ya Selasa hasil laboratorium mudah-mudahan selesai. Pokoknya secepatnya, supaya tidak meresahkan masyarakat,” bebernya.

Dari insiden yang pernah terjadi, penyebab kebakaran di pasar berbeda-beda, seperti akibat faktor korsleting listrik hingga adanya unsur kesengajaan. “Untuk kebakaran di sini (Pasar Johar) ya belum bisa disimpulkan,” tambah Dwi.

Sementara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Jateng Bambang Sadono menyatakan, akan mengawal dan memantau jalan keluar bagi pedagang Pasar Johar yang terbakar pada Sabtu (9/5) pukul 21.00 WIB. Ia mengaku, juga sudah berkomunikasi dengan wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengenai jumlah kerugian yang diderita.

“Pak Wali belum menghitung kerugiannya, mungkin satu dua hari mendatang segera dapat diketahui. Ketua DPD RI Irman Gusman, juga sangat memperhatikan musibah yang terjadi dengan menelepon langsung Menteri Perdagangan Rachmat Gobel,” kata Bambang Sadono, Minggu (10/5).

Pihaknya, akan menunggu keputusan dari pemerintah daerah Kota Semarang, mengenai tindakan apa yang akan dilakukan setelah terbakarnya Pasar Johar. Ia mengaku, sudah berbicara dengan beberapa pedagang dan mereka minta tidak dipindah jauh-jauh dari pasar tersebut.

“Untuk jangka panjangnya kami masih menunggu pemerintah daerah. Pembangunan pasar ini membutuhkan dana yang tidak sedikit dan kemungkinan besar dari APBN,” ujar Bambang Sadono yang akan membantu memasilitasi. (art)

loading...
Click to comment
To Top