Perbankan Tak Adil pada UMKM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Perbankan Tak Adil pada UMKM

FAJARONLINE, TAKALAR — Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla menegaskan bahwa kalangan perbankan tidak adil terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Betapa tidak, bunga kreditnya jauh lebih besar dibandingkan pengusaha besar.

Selama ini, bunga pinjaman untuk UMKM masih berkisar 13-14 persen. Sementara pada pengusaha besar dengan pinjaman besar, bunganya jauh di bawah angka itu, yakni sembilan persen. JK meminta pola pembiayaan ini ditata kembali.

“Makanya, saya tegaskan, kalau bank tetap kasih kredit dengan bunga di atas 12 persen, lebih baik kita batalkan saja acara ini (Peresmian Jaring),” ujar JK saat memberi sambutan dalam Kick Off Program Jaring (Jangkau, Sinergi, dan Guideline) yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Boddia, Kecamatan Galesong, Takalar, Senin 11 Mei.

Pernyataan JK tersebut cukup tegas. Hal ini mengingat kenyataan besaran bunga kredit untuk sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dari perbankan masih di atas 12 persen. Bahkan masih di kisaran 14 persen. Sementara, kredit berskala besar untuk korporasi, yang disalurkan untuk pengusaha besar, bunganya di bawah 12 persen.

JK menyebutkan, dengan perbedaan tersebut, justru pengusaha kecil yang mensubsidi pengusaha besar. “Berarti nelayan yang subsidi pengusaha besar. Padahal, seharusnya pengusaha besar yang mensubsidi pengusaha kecil,” ujar JK. (sbi-iad/ars-sap)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 12 Mei 2015

loading...
Click to comment
To Top