Abraham Samad Blunder Lagi, Bagaimana Bisa Tetapkan Ilham Tersangka Tanpa Bukti? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Abraham Samad Blunder Lagi, Bagaimana Bisa Tetapkan Ilham Tersangka Tanpa Bukti?

JAKARTA–Kasus dugaan korupsi PDAM Makassar yang diselidiki KPK patut dipertanyakan. Bagaimana mungkin Ketua KPK Abraham Samad kala itu menetapkan mantan Walikota Makassar, Ilham Arief  Siradjuddin (IAS) tanpa dua alat bukti yang cukup.

Persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, telah membuktikan bahwa KPK tidak memiliki bukti apa-apa dalam menetapkan IAS sebagai tersangka.

Hal ini mungkin yang membuat KPK tidak pernah memanggil Ilham Arief  Siradjuddin pasca ditetapkan sebagai tersangka untuk diperiksa. Kemungkinan besar karena tidak memiliki alat bukti yang cukup, sedangkan di sisi lain telah ditetapkan sebagai tersangka.

Hakim Yuningtyas Upiek Kartikawati dalam membacakan putusan sidang Praperadilan atas kasus mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Siradjuddin (IAS) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (12/5), menyimpulkan penetapan tersangka oleh KPK tanpa bukti.

“Penetapan tersangka baru bisa dilakukan setelah ditemukan dua alat bukti dalam proses penyidikan. Dan dalam persidangan termohon tidak bisa membuktikan dua alat bukti itu. Oleh karena itu, maka hakim dalam pertimbangannya memutuskan penetapan tersangka IAS tidak sah oleh hukum,” kata Hakim Yuningtyas saat membacakan amar putusan.Seperti diketahui, IAS ditetapkan oleh KPK atas kasus dugaan korupsi PDAM Makassar. Oleh KPK IAS dituding merugikan Negara sebesar Rp 38,1 Miliar sejak tahun 2006 hingga 2012 silam. IAS ditetapkan KPK diakhir masa jabatannya sebagai Walikota Makassar. (fmc)

loading...
Click to comment
To Top