Antisipasi Disparitas Harga, BPH Migas Dorong SPBU Mini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Antisipasi Disparitas Harga, BPH Migas Dorong SPBU Mini

MAKASSAR, FAJARONLINE — Masih ada kesenjangan harga bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah daerah. Terutama daerah yang belum memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). SPBU mini bisa menjadi salah satu solusi.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) telah mengeluarkan aturan yang mengizinkan para pengusaha membangun SPBU dengan kapasitas kecil alias SPBU mini. Fungsinya sebagai subpenyalur namun diprioritaskan kepada daerah yang belum terdapat SPBU atau SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan).

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi membenarkan adanya kebijakan ini. “Alangkah baiknya memang seharusnya ada depot mini. Apalagi wilayah kepulauan. Kalau tidak disiasati akan terganggung ketahanannya,” ujar Junior Office Costumer Relation Pertamina MOR VII Sulawesi, Ibnu Adiwena, kepada FAJAR, Senin, 11 Mei.

Ibnu menyebutkan, Pertamina MOR VII Sulawesi saat ini memiliki 927 lembaga penyalur BBM. Di mana 364 di antaranya adalah SPBU. Khusus di Sulsel ada 416 lembaga penyalur dengan 181 di antaranya adalah SPBU.

“Secara coverage sudah sangat baik untuk supplay BBM Sulawesi. Tetapi untuk percepatan pembangunan, (SPBU mini) bisa saja,” terang pria berkaca mata ini. (yat/aci)

Untuk Selengkapnya, Baca Harian Fajar dan Epaper edisi 12 Mei 2015

To Top