Bayi Terbungkus Kardus dan Tali Pusar Diikat Rafia Ditemukan di Mushola – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Bayi Terbungkus Kardus dan Tali Pusar Diikat Rafia Ditemukan di Mushola

SIDOARJO – Sungguh tega kelakuan orang tua yang tega meninggalkan bayinya di teras Mushola Waqaf Baitul Atiq. Bayi laki-laki yang ditemukan oleh Sahlan usai menunaikan sholat ini sontak menggegerkan warga Jalan Kartini Gang 5, Kecamatan Sidoarjo, Kota Sidoarjo, Jawa Timur Senin (11/5) dinihari.

Bayi yang diperkirakan baru dilahirkan itu ditemukan dalam kondisi sehat, berpakaian warna kuning, beralas gedong dan jarit batik di dalam kardus coklat beralas. Selain itu, tali pusar bayi diikat dengan tali rafia, dan ari-arinya dimasukkan dalam kresek kecil warna merah.

Bayi pertama kali ditemukan Sahlan, (58) yang juga warga setempat sekitar pukul 03.30. Saat itu, saksi menunaikan ibadah sholat malam di mushala. Namun, saat mendatangi Mushola, Sahlan mengaku tidak melihat atau mendengar kehadiran bayi tersebut.

“Saya masuk (pukul 02.30, red) tidak ada apa-apa di teras. Tapi sekitar jam setengah empat (03.30, red) kok tiba-tiba ada tangisan bayi dari teras langgar (musholla, red),” kata Sahlan, Selasa (12/5).

Mendengar tangis bayi, Sahlan bergegas menuju ke arah suara. Bayi itu pun, sudah ada di teras. “Saat saya salat memang ada suara sepeda motor yang lewat lalu berhenti. Tapi saya tidak tahu ciri-cirinya seperti apa, karena sedang sholat” ungkapnya.

Oleh Sahlah, temuan bayi itu langsung dilaporkan ke Marotin yang rumahnya paling dekat dengan mushala, diteruskan ke Pramono, selaku ketua RT. Sebab Marotin pun juga tidak mengetahui bayi tersebut, sehingga saat itu juga kasus tersebut dilaporkan ke Satreskrim Polres Sidoarjo.

Tak lama kemudian polisi pun datang ke TKP, dan menemukan barang bukti satu kardus warna coklat, satu tali rafia pengikat, satu tas kresek warna merah berisi ari-ari, satu kain jarik batik warna coklat, dan gedong warna biru muda yang digunakan alas bayi di dalam kardus. (gal/awa/jpnn)

To Top