Hakim Minta Nama IAS Dipulihkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Hakim Minta Nama IAS Dipulihkan

FAJAR ONLINE, JAKARTA – Hakim Yuningtyas Upiek Kartikawati dalam putusan praperadilan atas gugatan mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) di Pemngadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 12 Mei meminta nama pemohon dipulihkan.

Penetapan tersangka atas nama IAS tidak sah setelah termohon (KPK) tidak dapat membuktikan dua alat bukti yang cukup yang menjadi ketentuan dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka.

Selain itu, hakim juga menyatakan pemblokiran rekening yang dilakukan KPK tidak sah. Hakim mengatakan penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan KPK tidak sah. “Menyatakan pemulihan nama dan hak-hak IAS. Sementara untuk permintaan ganti rugi Rp1.000 tidak dikabulkan,” ucap hakim.

Hakim melandaskan putusan tersebut berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi yang telah memperlebar kewenangan praperadilan. Penetapan tersangka kini menjadi salah satu objek yang bisa diadili di praperadilan. Selain itu, KPK tidak dapat membuktikan telah ada dua alat bukti yang cukup saat menetapkan IAS menjadi tersangka.

IAS ditetapkan sebagai tersangka sejak setahun lalu, pada 7 Mei 2014. Dia diduga melakukan korupsi dalam kerja sama rehabilitasi kelola dan transfer instalasi PDAM Makassar 2006-2012. Sejak saat itu, KPK belum melanjutkan perkara Ilham.

KPK menyebut Ilham melakukan korupsi sehingga merugikan negara hingga Rp38,1 miliar. Saat ditetapkan sebagai tersangka pada 7 Mei 2014, Ilham tengah menjabat di hari terakhir sebagai Wali Kota Makassar. (jai)

loading...
Click to comment
To Top