Pemda Subsidi 500 Traktor 2015 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pemda Subsidi 500 Traktor 2015

SENGKANG, FAJARONLINE — Pemerintah Kabupaten Wajo nampaknya sangat serius meningkatkan sektor pertanian. Sebagai penghasil gabah terbesar di Sulsel, Pemda Wajo terus berupaya untuk mempertahankan predikat tersebut.

Salah satunya dengan mensubsidi traktor bagi petani. Setelah tahun 2014 lalu, program seribu traktor Bupati Wajo, AndiBurhanuddin Unru mensubsidi  sekira 700 traktor. Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Pertanian kembali  melanjutkan subsidi tersebut.

Sekira 500 traktor akan disubsidi Pemda Wajo untuk dibagikan kepada petani. Dalam subsidi tersebut, pemda akan mensubsidi 50 persen dari harga traktor. Harga traktor Rp15 juta, pemda akan mensubsidi Rp8 juta, sisahnya akan dibayarkan petani.”Kita hanya bantu setengahnya saja. Sisanya dibayarkan petani sendiri,”tegas Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertania dan Hortikultura Wajo, Muhammad Ashar.

Ashar mengatakan, program seribu traktor bupati ini guna membantu petani dalam meningkatkan produksi petani. Makanya, program ini terus berlanjut.

“Tahun ini kita target seribu traktor. Namun hanya hanya 700 yang terealiasi karena ada yang sudah mengajukan tapi tidak jadi ambil,”ujarnya.

Untuk mendapat subsidi traktor, cukup membuat proposal dengan nama kelompok tani. Setelah itu, membayar uang ke Bank Sulselbar.

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru mengatakan, pemerintah pusat menjadikan pertanian sebagai program unggulan. Sinergi dengan program pusat, Pemda Wajo juga terus berupaya meningkatkan hasil pertanian.

Selain subsidi traktor, Pemda Wajo juga terus berupaya meningkat hasil pertanian dengan membagun kantong-kantong air. Salah satunya pembagunan Bendungan Passeloreng dan irigasi Bulu Cepo dengan sistem pompanisasi.

“Kabupaten Wajo mengalami peningkatan di sektor pertanian. Selama kurung waktu 2009-2013 yaitu sebesar Rp4,6 miliar lebih tahun 2009 dan meningkatkan Rp8,9 miliar  lebih tahun 2013,” tegasnya. (adv/wan/wik)

loading...
Click to comment
To Top