Sejarah Memihak Barcelona – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sejarah Memihak Barcelona

BARCELONA — Bayern Munchen butuh keajaiban untuk bisa membalikkan ketinggalan 0-3 saat menjamu Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu, 13 Mei. Dalam sejarah kompetisi paling elite di benua biru ini, baru satu tim yang bisa melakukannya. Mengejar defisit tiga gol untuk kemudian menang dan lolos.

Adalah Deportivo la Coruna yang pernah menorehkan keajaiban tersebut. Pada perempat final Liga Champions musim 2003/2004, wakil Spanyol tersebut menyerah 1-4 di Stadion San Siro, kandang AC Milan. Harus menang 4-0, Super Depor, julukan Deportivo, mampu mewujudkannya pada leg kedua di Riazor. Mereka akhirnya lolos ke semifinal sebelum benar-benar kandas di babak tersebut.

Setelah Deportivo, tak ada lagi klub yang mampu mengejar margin hingga tiga gol. Ini pula yang membuat Barcelona sangat diunggulkan untuk bisa menyingkirkan Munchen meski leg kedua digelar di kandang lawan. Kalaupun kalah dua gol, Lionel Messi cs akan tetap lolos untuk bertemu pemenang laga lain, Juventus melawan Real Madrid, di final nanti.

Satu-satunya sejarah yang menghantui Barcelona, mereka pernah tersisih saat unggul dua gol. Pada Piala Winners musim 1983/1984, Barcelona mampu mengalahkan Manchester United 2-di Camp Nou. Namun pada leg kedua mereka justru menyerah 0-3 dan harus tersingkir. (ilo)

To Top