Menteri Susi Disebut bisa Merusak Iklim Investasi Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Menteri Susi Disebut bisa Merusak Iklim Investasi Indonesia

JAKARTA – Beberapa kebijakan maupun langkah yang dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti selalu menuai kritik. Salah satunya adalah langkah Susi yang dinilai salah kaprah saat menenggelamkan kapal MV Haifa yang dinilai illegal, padahal secara hukum kapal tersebut legal.

Itu diungkapkan Ketua Presidium Komite Aksi Mahasiswa dan Pemuda untuk Reformasi dan Demokrasi (Kamerad), Haris Pertama. Menurutnya, langkah Menteri Susi tersebut adalah sebuah langkah konyol yang tak pahak aturan hukum.

“Jelas hal itu sebuah langkah konyol. Hanya bermodal keberanian tapi minim pengetahuan soal hukum dan aturan,” kata Haris Pertama, beberapa saat lalu (Rabu, 13/5).

Ditegaskan, dalam putusan Pengadilan Perikanan di Ambon, dan putusan banding di pengadilan tinggi Maluku untuk kasus MV Haifa tidak ada satu poin pun yang menyebutkan kapal itu ilegal. Karena itu, sikap Menteri Susi yang ceroboh dan arogan ini bisa merusak iklim investasi di Indonesia.

“Menteri Kelautan jelas telah melakukan kebohongan publik dan intervensi proses hukum secara berlebihan karena motif ambisi pribadi dan pencitraan,” ujar Haris yang menyebut Menteri Susi gagal dan layak diganti.

Selasa kemarin, sekitar 800 ratus massa Kamerad menggelar aksi di depan kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat. Dalam aksinya, Kamerad menyerahkan sejumlah dokumen yang menunjukkan kecorobohan dan ketidakpahaman Menteri Susi.

Setelah dari kantor Tedjo Edhy Purdijatno itu para mahasiswa pun melanjutkan aksinya ke depan Istana Negara dan mereka meminta Presiden Jokowi untuk segera memecat dan me-reshuffle Susi. (rus/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top