Onthel Tua di Museum Kota Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Onthel Tua di Museum Kota Makassar

Bentuknya tak jauh berbeda dengan sepeda onthel pada umumnya. Hanya saja, onthel ini punya mesin.

MUSEUM Kota Makassar tampak lapang, Selasa 12 Mei. Tak seperti biasanya yang dipenuhi koleksi benda kuno. Wajar saja, museum tengah dalam proses renovasi. Koleksiannya pun “dikandangkan”. Bahkan, museum yang dulunya ditempati sebagai kantor wali kota itu, sedang tak menerima pengunjung.

Semua koleksi disimpan pada ruang berukuran besar di sebelah kiri gedung. Mulai dari lukisan, benda kuno, dan koleksian lainnya. Khusus sepeda onthel bermesin, benda yang satu ini disimpan khusus pada satu ruangan berukuran sekira 2X3 meter. Selama ini, benda yang menghiasi museum sejak 2004 itu, selalu mencuri perhatian pengunjung.

Terlihat usang, namun nilai klasiknya masih terjaga. Sayangnya, sejarah lengkapnya tak diketahui pasti petugas museum. Sepeda ini disebut-sebut cikal bakal motor. Mesin yang melekat di sepeda lengkap dengan knalpot kecil di mesin tersebut. Sepeda ini juga dilengkapi alat pengukur kecepatan atau speedometer.

Onderdil sepeda masih lengkap. Kedua bannya hanya sedang kempes. Mesin masih tertempal baik tak jauh dari pedal sepeda. Harla Dahlan, Kurator Museum Kota Makassar mengatakan, sepeda ini statusnya dititip oleh seorang warga Makassar bernama Taslim. Itu sejak 2004 lalu.

Hanya saja, orang yang menitipkan sepedanya itu tak menjelaskan rinci kesejarahan sepeda. “Saya juga lupa catat alamat lengkap orang yang titip itu. Tetapi katanya, dia punya beberapa koleksian dan ini sudah banyak yang minati. Dari pada dijual, orang itu berpikir bahwa nilai dari sepeda akan lebih terjaga jika dititip di museum,” papar Harla, Selasa 12 Mei.  (*/asw)

Untuk Selengkapnya, Baca Harian Fajar dan Epaper edisi 13 Mei 2015

loading...
Click to comment
To Top