Polemik CPNS Konkep, MenPAN-RB : Putra Daerah dan Luar Daerah, Fifty-Fifty – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Polemik CPNS Konkep, MenPAN-RB : Putra Daerah dan Luar Daerah, Fifty-Fifty

JAKARTA  Akhirnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi telah menemukan formula dalam penyelesaian kasus penerimaan CPNS Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kebijakan yang diambil oleh Yuddy tersebut adalah dengan sistem diskresi. Menurut Yuddy cara tersebut merupakan cara yang paling tepat. Alasannya, diskresi dilindungi oleh Undang-Undang.

“Karena ada pendapat yang berbeda dari masing-masing pihak, saya akan menetapkan persentase putra daerah dan luar daerah fifty-fifty,” kata Yuddy di hadapan peserta CPNS Konkep, Rabu (13/5). [baca juga: Menteri Yuddy Ancam Batalkan Hasil Seleksi CPNS Konkep]

Selain itu, pemerintah akan meminta Bupati Konkep menetapkan kriteria putra daerah dan luar daerah yang bisa masuk menjadi pegawai. Sebab, Bupati Konkep menyatakan banyak putra luar daerah yang lulus CPNS 2014.

“Sebenarnya saya sudah meminta kriteria itu kepada Bupati Konkep, namun sampai hari ini tidak juga dimasukkan,” ujar Yuddy.

Yuddy mengakui, masalah putra daerah dan luar daerah ini sering menjadi masalah dalam setiap seleksi CPNS. Karena itu, pihaknya akan merumuskan kebijakan dalam seleksi CPNS 2015 tentang persentase putra daerah dan luar daerah agar hasilnya tidak diperdebatkan lagi.  (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top