Renovasi Pasar Johar Perhatikan Cagar Budaya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Renovasi Pasar Johar Perhatikan Cagar Budaya

SEMARANG. RAJA – Disisi lain, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, sudah mengatakan, santunan kepada pedagang korban kebakaran pemkot sudah siap memberikan. Namun terkendala mekanisme aturannya. Sementara ini, pemkot mengajak perbankan untuk membantu misalnya permodalan dengan administrasi yang mudah.

Revitalisasi Pasar Johar dipastikan juga tetap memperhatikan cagar budaya. Tapi akan melihat secara teknis kekuatan bangunan setelah terbakar. “Jadi, kami akan libatkan tim cagar budaya, ahli konstruksi, pakar, dan lainnya untuk menentukan  akibat dari kebakaran merusak konstruksi atau tidak,” ujarnya.

“Pasar Johar adalah bangunan cagar budaya yang kita tahu pada Sabtu (9/5) terbakar. Apakah ini nanti akan dibangun dengan konsep cagar budaya? Ya,” kata dia.

Namun, kata dia, segala sesuatu yang berkaitan dengan teknis bangunan akan tetap dikonsultasikan dengan tim teknis yang akan mengkaji kekuatan struktur bangunan kuno Pasar Johar Semarang.

Ia mengatakan tim teknis bangunan akan mengkaji kelayakan dan kekuatan struktur bangunan Pasar Johar pascakebakaran, termasuk dampak-dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hebat itu. “Kami tidak akan terlalu memaksa pada tim konsultan atau tim teknis jika mengatakan, ‘Itu konstruksinya sudah tidak kuat, besinya sudah melepuh, dan lain-lain’ maka akan dibongkar,” ungkapnya.

Desain bangunan baru Pasar Johar nantinya, kata dia, akan disesuaikan lagi dengan prinsip kecagarbudayaan dengan melibatkan para pakar, ahli cagar budaya, dan ahli bangunan gedung. “Namun, pada saat tim teknis nantinya mengatakan, ‘Pak Wali, konstruksinya (Pasar Johar, red.) masih kuat dan bisa dipertahankan, ya, dipertahankan,” imbuh dia.

Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang, menegaskan bahwa pihaknya akan melibatkan para pakar untuk membantu membuatkan formulasi teknis mengenai dampak kebakaran Pasar Johar merusak kekuatan konstruksi bangunannya atau tidak.

Hingga saat ini Puslabfor Mabes Polri Cabang Semarang telah mengambil beberapa barang bukti dari tempat kejadian. Namun hasilnya saat ini belum bisa diketahui, karena masih menunggu proses pemeriksaan di laboratorium. (Art)

Click to comment
To Top