Soal Kasus Tragedi Mei 98, Ini Komentar JK… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Soal Kasus Tragedi Mei 98, Ini Komentar JK…

JAKARTA – Kemarin (12/5) mahasiswa Universitas Trisaksi mengenang 17 tahun tragedi Mei 1998. Dimana tragedi Mei 1998 silam berawal dari tragedi Trisakti. Ketika itu, empat mahasiswa Universitas Trisakti ditembak dan terbunuh dalam demonstrasi pada 12 Mei 1998. Tragedi berlanjut dengan kerusuhan pada 13 Mei sampai 15 Mei 1998, di Jakarta, Medan dan Surakarta.

Menanggapi banyaknya desakan-desakan agar pemerintah segera mengusut tuntas kasus tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah sudah berusaha maksimal menyelesaikan kasus tragedi Mei 1998. Pemerintah tak hanya mengusut kasus itu di dalam negeri.

“Pemerintah satu ke pemerintah berikutnya telah berusaha dengan baik. Telah diusut, malah diperiksa samapai luar negeri. Jangan lupa, dulu uji balistiknya sampai diperiksa ke Belanda,” kata JK, sapaan karib Jusuf Kalla, di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (12/5).

Meski sudah diupayakan maksimal, namun masih ada pihak yang menganggap kasus pelanggaran HAM masa lalu itu belum tuntas. JK mengatakan, semua proses hukum yang dilalui memang tidak selalu bisa memuaskan semua pihak.

“Jangan lupa, kasus seperti ini bukan hanya di Indonesia, apa kurang hebatnya Amerika Serikat? Presidennya terbunuh sampai sekarang tidak tahu siapa yang bunuh. Padahal, jelas ada yang tertembak,” ujar JK. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top