Sudah 134 Kabupaten Terima Dana Desa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Sudah 134 Kabupaten Terima Dana Desa

JAKARTA- Dana desa untuk daerah kabupaten/kota di Gorontalo tak lama lagi bakal dicairkan. Dana tersebut digadang-gadang bakal cair pada Mei ini.

Plt Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Suprayoga Hadi mengungkapkan, dari total 434 kabupaten/kota yang memiliki desa, dana sudah dikucurkan ke-134 kabupaten per Jumat (8/5).

“Dana desa sudah mulai dicairkan. Pencairannya dilakukan bertahap,” kata Suprayoga kepada JPNN, Rabu (13/5).

Dia menambahkan, tidak semua daerah mendapatkan dana desa. Desa yang berhak mendapatkan dana ialah yang sudah ditetapkan melalui Permendagri 39/2015. “Kalau belum masuk di Permendagri 39/2015 maka belum terima dana desa. Gorontalo sudah masuk tinggal tunggu pencairannya saja bulan ini,” terang Suprayoga.

Dia menambahkan, rata-rata desa mendapatkan dana Rp 280 juta secara nasional. Jumlah terkecil ialah Rp 254 juta. Sementara, nominal terbesar Rp adalah 1,2 miliar per desa.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI Bambang Riyanto pesimistis pencairan dana desa berjalan mulus. Pasalnya, mekanisme pencairannya belum jelas. “Dana itu hanya masuk ke kabupaten/kota, kemudian desa mengambil ke masing-masing kab/kota. Nah ini bisa terjadi penyimpangan juga,” ujar politisi Gerindra ini. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top