Survei IPI: Elektabilitas LHD Beda Tipis Kaswadi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Survei IPI: Elektabilitas LHD Beda Tipis Kaswadi

FAJAR ONLINE, MAKASSAR – Hasil survei terbaru Riset dan Strategi Indeks Politica Indonesia (IPI) masih menempatkan Andi Kaswadi Razak di urutan pertama. Namun perbedaan dengan calon lawannya dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Soppeng Desember 2015 mendatang, Lutfi Halide (LHD) makin tipis. Perbedaan elektabilitas keduanya maskin tipis.

Direktur IPI, Jumardi MD menuturkan tren Lutfi Halide yang juga besan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo itu terus bergerak naik. Selisih elektabilitas Kadis Pertanian Tanaman Pangan ‎dan Hortikultura Sulsel itu dengan rivalnya, Wakil Ketua DPRD Soppeng Andi Kaswadi Razak kini sisa 14 persen saja. “Upaya pak Lutfi Halide mengejar rivalnya berbuah positif. Tren surveinya terus bergerak naik. Selisih dengan rival terberatnya sisa 14 persen. Kalau Pak Lutfi terus bergerak, maka besar kemungkinan akan melampaui Andi Kaswadi pada Agustus nanti,” ujar Jumardi dalam rilisnya, Kamis 14 Mei.

Berdasarkan hasil survei IPI lanjutnya, elektabilitas Kaswadi turun kurang lebih enam persen dalam 45 hari terakhir. Elektabilitasnya kini 34 persen saja. Meski begitu, IPI enggan menyebut margin error dan jumlah responden dalam penelitiannya. “Sementara calon bupati yang tingkat popularitasnya sudah mentok di angka 95 persen dengan elaktabilitas 40 persen ke bawah, potensi kalahnya lebih besar dari potensi menangnya. Begitulah kondisi Andi Kaswadi,” tuturnya. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top