Eksekusi Mati jangan Diintervensi Pihak Asing – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Eksekusi Mati jangan Diintervensi Pihak Asing

JAKARTA – Seperti diketahui ada beberapa Negara yang mengecam proses hukuman mati yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Puncaknya kala eksekusi mati dilakukan terhadap sembilan dari sepuluh terpidana mati kasus narkoba. Satu orang yang lolos dari hukuman tersebut adalah terpidana mati asal Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso.

Pembatalan eksekusi mati terhadap Mary dikarenakan masih adanya proses hukum yang harus dituntaskan terlebih dahulu. Namun demikian, Mantan hakim Asep Iwan Iriawan menegaskan, apapun putusan di Filipina nanti tidak akan bisa membatalkan eksekusi mati Mary.

Menurut Asep, semua proses hukum mati yang menyangkut Mary Jane di Indonesia sudah tuntas dan jaksa eksekutor bisa mengeksekusi Mary.

“Tidak berpengaruh, katakanlah (misalnya) Filipina menyatakan dia (Mary) korban trafficking. Proses hukum kita sudah selesai dari penyelidikan sampai eksekusi. Putusan mati kita tidak bisa diubah sama putusan negara asing manapun,” kata Asep usai sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/5).

Seperti diketahui, eksekusi mati Mary Jane pada gelombang kedua April 2015 lalu ditunda. Ini menyusul permintaan pemerintah Filipina yang mengusut indikasi Mary Jane sebagai korban dugaan perdagangan orang.

Namun apapun keputusannya, kata Asep, tidak berpengaruh dengan hukuman mati yang dikenakan kepada Mary. “Langsung eksekusi saja, matiin saja,” kata Asep.

Selain Mary, satu terpidana mati lainnya, Serge Areski Atlaoui berkebangsaan Perancis juga batal dieksekusi. Serge  melakukan gugatan perlawanan atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara yang menolak gugatannya atas keputusan Presiden soal grasi.

Saat ini, proses persidangannya masih berlangsung.  Asep pun memprediksi bahwa gugatan Serge akan ditolak. “Ini (hukuman mati narkotika) proses  pidana, dari penyidikan sampai eksekusi. Sedangkan TUN objeknya adalah putusan TUN. Akal-akalan saja itu,” papar Asep. (boy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top