Enam Warga Makassar Direkrut Abdul Hamid – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Enam Warga Makassar Direkrut Abdul Hamid

SURABAYA, RAKYATSULSEL.COM – Penangkapan enam warga Makassar Bandara Juanda Surabaya, Kamis 14 Mei lalu membuka peran baru yang mengejutkan. Tim penyidik unit khusus antiteror kini menelisik dugaan perekrut mereka, Abdul Hamid, narapidana kasus bom Makassar 2002 lalu yang mendekam di Lapas Lowokwaru, Malang, Jawa Timur.

Kepala Bidang Penindakan Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri, Kombespol Ibnu Suhendra mengungkapkan, dugaan tersebut muncul saat terungkap suami Murniati, perempuan yang ditahan di Bandara Juanda ternyata bukan Fikrul Azim Sahril yang tewas di Syria, melainkan, Arman alias Galaksi yang pernah terlibat pengeboman McDonalds dan showroom mobil NV Haji Kalla Jl Uirp Sumoharjo, 2002 lalu.

Dia menjelaskan, Arman kenal dekat dengan Abdul Hamid. ”Karena Arman bersahabat dengan Abdul Hamid, istri Arman, Murniati, juga berkawan baik dengan Abdul Hamid,” ujar Ibnu dikutip dari JPNN.

Saat menjenguk Hamid di tahanan, dia memperkenalkan keponakannya, Muhammad Riduansyah. Waktu itu, Riduansyah mondok di Malang. Dari kedekatan itu lanjutnya, lama-kelamaan Hamid mendoktrin Riduansyah. Dia menyuruh Riduansyah merekrut orang yang mau diberangkatkan ke Syria. Tidak sampai di situ, untuk bisa berangkat, Riduansyah dan Murniati rela menjual tanah di kampung halamannya. (jpnn)

loading...
Click to comment
To Top