Laju Harga Rumah di Makassar Tertinggi se-Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Laju Harga Rumah di Makassar Tertinggi se-Indonesia

FAJARONLINE, MAKASSAR — Pertumbuhan properti di Kota Makassar, melaju dengan kencang. Tidak tanggung-tanggung, kota ini akhirnya tercatat sebagai kota dengan pertumbuhan harga rumah tertinggi di Indonesia.

Itu berdasarkan data terbaru survei Bank Indonesia (BI), sebagaimana dilansir dari website bi.go.id, Minggu 17 Mei, terkait harga properti residensial dan perkembangan properti komersial selama triwulan pertama tahun 2015. Makassar sebelumnya kedua tertinggi, setelah Manado, pada 2014 lalu.

Berdasarkan data tersebut, kinerja pertumbuhan harga rumah menengah di Makassar, melonjak sekitar 22 persen secara tahunan (Year on Year). Demikian halnya dengan kinerja kenaikan harga rumah tipe kecil, dan tipe besar.

Dibandingkan triwulan IV 2014 lalu, harga rumah-rumah di Makassar mengalami lonjakan paling tinggi dibandingkan daerah lain di Indonesia, yakni sekitar 5,05 persen. Terutama untuk rumah tipe menengah, dengan kenaikan harga kira-kira 8,01 persen.

Untuk harga rumah tipe kecil, kenaikannya 3,70 persen secara triwulanan dan 16,12 persen secara tahunan dibanding periode yang sama tahun 2014 lalu.

Sedangkan harga rumah tipe besar, kenaikan harga rumah Makassar 3,43 persen secara triwulanan dan 13,52 persen secara tahunan atau tertinggi di Indonesia.

Khusus rumah komersial, kenaikannya juga pesat. Properti komersial ritel naik sebesar 5,77 persen, yang dipicu oleh peningkatan permintaan. Demikian halnya dengan tarif sewa yang melejit 14,92 persen secara triwulanan menjadi Rp449.047 per meter persegi per bulan.

Di sektor lahan industri, Kota ini juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 9,70 persen. Harga lahan industri pun ikut melambung menjadi rerata Rp 1.625. 475 per meter persegi atau tumbuh 19,30 persen.

Sedangkan di sektor apartemen, harga jual naik signifikan 3,01 persen menjadi rerata Rp 19,113 juta per meter persegi dengan tingkat penjualan 5,85 persen dari total pasokan 2.532 unit. (sbi)

loading...
Click to comment
To Top