Menteri ESDM Kritik Sikap Pertamina Naikan BBM Tanpa Koordinasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Menteri ESDM Kritik Sikap Pertamina Naikan BBM Tanpa Koordinasi

JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengkritik langkah PT Pertamina yang tidak berkonsultasi terlebih terlebih dulu dengan pemerintah saat ingin menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi, seperti yang terjadi Jumat (15/5) lalu.

Menurut Sudirman, meski perusahaan pelat merah itu tidak mempunyai kewajiban meminta izin pemerintah bila ingin menaikkan harga BBM nonsubsidi, sebaiknya Pertamina berkonsultasi lebih dahulu.

“Setiap kalau ada kenaikan harga, ya harus ada konsultasi (dengan pemerintah), karena pemerintah punya tugas konstitusi,” kata Sudirman usai menghadiri acara diskusi ‘Energi Kita’ di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Minggu (18/5).

Berarti kemarin tidak ada konsultasi dengan pemerintah saat akan menaikkan harga BBM nonsubsidi?

“Saya tidak salahkan mereka (Pertamina) karena itu dianggap memang mekanisme yang biasa oleh mereka. Tapi tugas korporasi kan memang demikian, fokus pada keuntungan dan benefit. Tapi tugas pemerintah adalah melihat efek yang lebih besar,” jawab Sudirman.

Meski demikian, mantan Dirut PT Pindad ini menegaskan bila keputusan direksi Pertamina ada yang melenceng maka pihaknya wajib mengingatkan.

“Kalau kemudian aksi korporasi Pertamina menimbulkan kegoncangan, ya kami luruskan,” kata Sudirman.

Meski begitu, BBM subsidi dan nonsubsidi dipastikan akan naik dalam beberapa waktu ke depan. “Kami bersepakat bahwa Pertamina akan umumkan (kenaikan) yang nonsubsidi dan pemerintah umumkan yang subsidi,” tandas dia. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top