Pertamina Disusupi Mafia Migas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Pertamina Disusupi Mafia Migas

FAJAR ONLINE, JAKARTA — Mengakhiri tugas sebagai ketua tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) tidak membuat Faisal Basri melepas perhatian terhadap isu-isu strategis tentang migas. Bahkan, ekonom dan politikus yang selama enam bulan memimpin RTKM bergelut dengan data dan fakta seputar industri minyak dan gas bumi itu lebih berani mengungkap bobrok yang ada di sektor penyumbang utama pendapatan negara tersebut.

Dalam diskusi bertema ”Energi Kita” di Jakarta Pusat bersama Menteri ESDM Sudirman Said, Minggu 17 Mei, Faisal menyebut
adanya indikasi mafia migas sudah menyusup ke Pertamina karena perusahaan pimpinan Dwi Soetjipto itu terlambat memagari diri.Faisal mengungkapkan, ada bekas orang Pertamina Energy Service (PES) yang merupakan anak perusahaan Pertamina Energy Trading Limited (Petral) yang sudah menginfiltrasi. ”Orang PES yang kelakuannya nggak bener masuk ke SPI (Satuan Pengendali Internal) Pertamina.

Mereka (mafia) akan terus berkoordinasi,” tuding keponakan mantan Wakil Presiden (almarhum) Adam Malik tersebut. Itulah sebabnya, meski tim RTKM dibubarkan, dia tak lantas menjadi macan ompong. Faisal menegaskan terus memelototi yang sudah menjadi rekomendasi.

Salah satu yang dia dorong pembersihannya adalah Integrated Supply Chain (ISC) yang menjadi pengganti Petral. Dia mengaku gemas karena sejak rekomendasi dikeluarkan pada akhir 2014, sampai sekarang belum banyak langkah berarti. Yang sudah dilakukan hanya mengganti pucuk pimpinan ISC ke Daniel Purba. Menurut Faisal, penggantian ke Daniel yang juga anggota tim RTKM tidak cukup jika bawahannya belum bersih. (jpnn/sap-ars)

 

 

loading...
Click to comment
To Top