Ini Calon Pengganti Puan dan Tjahjo di DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Calon Pengganti Puan dan Tjahjo di DPR

JAKARTA – Banyaknya desakan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecat Puan Maharani dan Tjahjo Kumolo direspon karena merangkap jabatan direspon cepat oleh PDI Perjuangan. Dalam menangani permasalahan kedua kader terbaik, PDI Perjuangan sudah menyiapkan pengganti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Menteri Dalam Negeri di Parlemen.

“Pengganti Puan sudah ada, Pak Darmawan Prasodjo. Tapi beliau saat ini menjabat deputi di Kepresidenan,” kata Hasto Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto seperti dikabarkan JPNN, Senin (18/5).

Oleh karena itu, lanjut Hasto, pihaknya perlu menanyakan dulu kepada Darmawan. DPP PDIP akan memberikan pilihan kepada Darmawan apakah dia ingin tetap bertugas di Kantor Kepresidenan atau ingin di DPR.

Untuk pengganti Tjahjo, PDIP menyiapkan Tuti Rusdiono, peraih suara terbesar kedua di Jateng I. “Untuk kapannya, kita lihat dulu saja,” ujarnya.

Menurut Hasto, selama enam bulan ini PDIP tengah mempersiapkan semuanya, baik untuk calon pengganti Puan, maupun Tjahjo. Hasto juga memastikan Puan dan Tjahjo sudah tidak mendapatkan gaji ataupun tunjangan apapun dari DPR. “Sudah kami pastikan ketika beliau menjadi menteri. Gaji dan fasilitas sudah tidak dapat lagi,” pungkasnya.

Puan dan Tjahjo adalah anggota DPR RI dari PDIP periode 2014-2019. Namun, setelah Presiden Jokowi mengangkat dua elit PDIP itu jadi menteri pada 26 Oktober 2014 lalu, hingga kini belum ada Pergantian Antar Waktu (PAW) mereka. (rus/RMOL) 

Click to comment
To Top